Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMINDAHAN HAK ASUH ANAK KETIKA TERJADI PENELANTARAN OLEH IBU MENURUT MAQĀSHID AL-SYARĪ’AH (STUDI KRITIS TERHADAP PASAL 156 (c) KHI)

MITRA KURNIAWAN, MK (2023) PEMINDAHAN HAK ASUH ANAK KETIKA TERJADI PENELANTARAN OLEH IBU MENURUT MAQĀSHID AL-SYARĪ’AH (STUDI KRITIS TERHADAP PASAL 156 (c) KHI). Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
BAB IV mitra new.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS MITRA BAB 1-2-3-5 new.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa kritis terhadap pasal 156 (c) KHI yang memiliki kekosongan ruang hukum. Pasal tersebut hanya menyebutkan apabila ibu tidak bisa menjamin keselamatan jasmani dan rohani anak meskipun biaya hadhanah telah ditunaikan oleh ayah, maka pihak keluarga ibu atau suami berhak untuk mengadu ke pengadilan agar hak asuh dipindahkan kepada mereka. Pada pasal tersebut terdapat kekosongan hukum, yaitu tidak menyebutkan secara jelas dan tegas tentang persoalan jika ibu mampu melakukan pengasuhan, namun ayah enggan untuk memberi nafkah, sehingga anak terlantar karena ibu dilain sisi tidak memiliki penghasilan. Penelitian ini tergolong kepada studi keislaman berjenis library research dengan pendekatan kualitatif normatif. Metode pengolahan data dan penarikan kesimpulan yang dipakai adalah analisa konten (Content Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persoalan diatas harus dipandang dari sisi maqāshid al-syarī‟ah karena berkaitan erat dengan hak asuh ibu apakah masih bisa dipertahankan atau justru lebih baik diserahkan ke pihak yang juga memiliki hak asuh. Saat dua kondisi tersebut sama-sama menimbulkan mudharat bagi anak disamping juga memiliki maslahat, maka maqāshid alsyarī‟ah hadir untuk menimbang antara maslahat dan mafsadat. Jika anak tetap diasuh oleh ibu, maka akan muncul mudharat, namun mudharat tersebut bisa diminimalisir. Sedangkan mudharat yang muncul ketika anak diasuh oleh selain ibu sangat beresiko dan sulit untuk diminimalisir. Maslahat yang didapatkan oleh anak saat diasuh oleh ibu jauh lebih besar dari pada maslahat yang didapatkan oleh anak saat diasuh oleh selain ibu. Oleh karena itu, hak asuh ibu harus tetap dipertahankan karena sangat sesuai dengan teori maqāshid al-syarīah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Tafsir Hadist
Depositing User: pps -
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:22
Last Modified: 11 Jul 2023 07:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72753

Actions (login required)

View Item View Item