Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PRAKTIK KERJA SAMA DALAM PENGELOLAAN KEBUN KELAPA SAWIT DI DESA TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR DITINJAU DARI FIQH MUAMALAH

FESFI SHALEHATI, - (2023) PRAKTIK KERJA SAMA DALAM PENGELOLAAN KEBUN KELAPA SAWIT DI DESA TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR DITINJAU DARI FIQH MUAMALAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FESFI SHALEHATI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fesfi Shalehati (2023): Praktik Kerjasama Dalam Pengelolaan Kebun Kelapa Sawit Di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar Ditinjau Dari Fiqh Muamalah. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh keadaan dimana pemilik lahan memberikan lahannya kepada penggarap untuk diolah dan ditanami hingga menghasilkan keuntungan yang selanjutnya akan dibagi sesuai dengan kesepakatan. Benih yang dipilih untuk ditanami dalam lahan tersebut berasal dari pengelola, namun jenisnya tetap harus berdasarkan pesrsetujuan pemilik lahan. Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktik kerjasama dalam pengelolaan kebun kelapa sawit di Desa tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu kabupaten Kampar?, dan Bagaiamana tinjauan fig muamalah terhadap praktik kerjasama dalam pengelolaan kebun kelapa sawit di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar?. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mencari jawaban terhadap persoalan pokok bagaimana praktik kerjasama dalam pengelolaan kebun kelapa sawit di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar dan Bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap praktik kerjasama pengelolaan kebun kelapa sawit di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Peneltian ini merupakan merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini adalah 4 orang pemilik lahan dan 4 orang penggarap. Sampel dalam penelitian kualitatif disebut sampel teoritis, karena tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menghasilkan teori. Sampel teoritis yang ada sebanyak 7 orang. Terdiri dari pemilik lahan dan penggarap, yaitu 3 orang pemilik lahan dan 4 orang penggarap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik yang dilakukan masyarakat Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar adalah sistem kerjasama yang mirip dengan mukhabarah, akan tetapi dalam praktiknya tidak sepenuhnya sesuai dengan konsep yang diajarkan Islam, karena adanya pembagian lahan diantara para pihak yang menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan diantara pemilik dan pengelola, yang mengakibatkan posisi pengelola menjadi lebih kuat dibandingkan pemilik lahan sendiri. Meskipun di kalangan masyarakat hal ini dianggap adil dan sudah biasa berlaku di tengah masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:48
Last Modified: 11 Jul 2023 06:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72750

Actions (login required)

View Item View Item