Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Pada Perusahaan Subsektor Teknologi Periode 2021-2022 Di Bursa Efek Indonesia)

DINI MEIDARYANTI, - (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Pada Perusahaan Subsektor Teknologi Periode 2021-2022 Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif aKasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Pada Perusahaan Subsektor Teknologi Periode 2021-2022 Di Bursa Efek Indonesia) OLEH : DINI MEIDARYANTI NIM : 11970322918 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kecurangan laporan keuangan. Fraud pentagon diproksikan dengan tujuh variabel yang terdiri dari tiga elemen tekanan (pressure) (stabilitas keuangan, target keuangan, dan tekanan eksternal), satu variabel dari elemen peluang (opportunity) yaitu ketidakefektifan pengawasan, satu variabel dari elemen rationalization yaitu pergantian auditor, satu variabel dari elemen capability yaitu pergantian direksi, dan satu variabel dari elemen arrogance yaitu jumlah foto CEO yang dihipotesiskan mempengaruhi kecurangan laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan F-Score untuk menentukan financial statement fraud. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 24 perusahaan dengan periode penelitian selama 2021- 2022. Analisis data menggunakan uji regresi data panel dengan menggunakan alat bantuan program Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa target keuangan berpengaruh positif terhadap kecurangan laporan keuangan, Sedangkan stabilitas keuangan, tekanan eksternal, ketidakefektifan pengawasan, pergantian auditor, pergantian direksi, dan jumlah foto Ceo, tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 79,72% sedangkan sisanya 20,28% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat pada model penelitian. Kata Kunci : Fraud pentagon, stabilitas keuangan, target keuangan, tekanan eksternal, ketidak efektifan pengawasan, pergantian auditor, pergantian direksi, jumlah foto CEO, kecurangan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:43
Last Modified: 11 Jul 2023 06:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72744

Actions (login required)

View Item View Item