PEMBELIAN PRODUK MAKANAN KEMASAN BERLABEL HALAL DI PUSAT PERBELANJAAN GIANT PANAM DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

Helmi Candra, (2014) PEMBELIAN PRODUK MAKANAN KEMASAN BERLABEL HALAL DI PUSAT PERBELANJAAN GIANT PANAM DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

i Penelitian berjudul “pembelian produk makanan kemasan berlabel halal di Pusat Perbelanjaan Giant Panam Kota Pekanbaru”. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), dilaksanakan di Pusat Perbelanjaan Giant Panam Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Adapun mendasari penulis dalam melakukan penelitian, di mana peneliti berasumsi bahwa terkesan bahwa konsumen dalam melakukan transaksi jual beli produk kemasan di Pusat Perbelanjaan, seperti Giant Panam Pekanbaru; mereka membeli label halal, bukan produk kemasan yang dipasarkan. Sehingga dari permasalahan yang ditemukan dirumuskan rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan sistem pembelian produk makanan dalam bentuk kemasan di Pusat Perbelanjaan Giant Panam Pekanbaru; (2) Apa saja faktor yang mendorong masyarakat (konsumen) dalam membeli produk (makanan) kemasan yang memiliki label halal dari BPOM/MUI; dan (3) Bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap pembelian produk makanan kemasan berlabel halal di Pusat Perbelanjaan Giant Panam Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 500 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental dan teknik random sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini ditetapkan 50 orang. Sumber data dalam penelitian ini terdiri terbagi dua, yaitu sumber data primer dan sekunder. Data Primer, adalah data yang diambil langsung dari lokasi penelitian yang akan dilaksanakan, yaitu data yang diperoleh dari konsumen atau masyarakat muslim di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru tentang loyalitas masyarakat dalam mengkonsumsi produk makanan dalam bentuk kemasan yang berlabel halal. Data Sekunder adalah data pendukung yang penulis peroleh dari berbagai pihak yang terkait dan mendukung penelitian yang akan penulis laksanakan, yaitu Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, data dari Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan wawancara. Adapun analisis data penelitian menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, selanjutnya dilakukan analisis dari berbagai data yang diperoleh sehingga ditarik kesimpulan bahwa Hasil penelitian dilakukan diperoleh bahwa mayoritas responden (konsumen) dalam membeli dan mengkonsumsi produk kemasan yang memiliki label halal dari BPOM/MUI. Meskipun sikap demikian terkesan bahwa sikap konsumen dalam melakukan akad (transaksi) jual beli membeli label halal. Karena, dalam membeli dan mengkosumsi setiap produk kemasan di Pusat Perbelanjaan Giant Panam, hanya produk (makanan) kemasan yang memiliki label halal dari BPOM/MUI; dan tidak membeli produk yang tidak ada label halal dari BPOM/MUI. Di sisi lain, sikap demikian dipengaruhi oleh tingkat pendidikan konsumen (masyarakat), sehingga mereka tidak memiliki kemampuan dalam menentukan dan menilai produk kemasan yang halal atau tidak. Oleh karena itu, BPOM/MUI merupakan lembaga/organisasi yang dipercaya dalam menentukan dan menilai produk kemasan yang halal. Namun, bagi masyarakat (konsumen) yang memiliki tingkat pendidikan yang mumpuni, tidak menjadikan label halal dari BPOM/MUI sebagai satu-satunya dasar dan pedoman dalam menentukan produk kemasan, tetapi juga memperhatikan komposisi bahan baku yang digunakan dalam memproduksi produk tersebut; di samping menjadikan labelisasi halal dari BPOM/MUI. ada tiga faktor yang mendorong masyarakat (konsumen) dalam membeli dan mengkonsumsi produk kemasan yang memiliki label halal dari BPOM/MUI disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu (a) faktor keinginan sendiri, (b) informasi media baik cetak maupun elektronik dan (c) ketaatan terhadap perintah dan larang dari Allah SWT. Dengan demikian dari hasil analisis yang dilakukan, sehingga ditarik kesimpulan bahwa aspek sistem pembelian dan faktor yang mendorong masyarakat (konsumen) dalam membeli produk kemasan di Pusat Perbelanjaan Giant Panam Pekanbaru tidak bertentangan dengan ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 Sep 2016 07:02
Last Modified: 14 Sep 2016 07:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7272

Actions (login required)

View Item View Item