Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) PELITA HATI KOTA PEKANBARU

ANNISA RAUDHATUL AFRA, - (2023) PENERAPAN METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) PELITA HATI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang penerapan metode menghafal al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, emosi, dan sosial. Anak-anak ini dalam perkembangannya mengalami hambatan, sehingga tidak sama dengan perkembangan anak sebayanya. Hal ini menyebabkan anak berkebutuhan khusus membutuhkan suatu penanganan yang khusus. Pada dasarnya anak berkebutuhan khusus memiliki hak yang sama dengan anak normal pada umumnya, terutama dalam segi pendidikan sebab pendidikan sangat berpengaruh terhadapat kehidupan manusia, apalagi pendidikan al-Qur’an, yang mana al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi manusia. Penelitian ini fokus membahas tentang metode-metode yang digunakan oleh anak berkebutuhan khusus dalam proses menghafal al-Qur’an dan penelitian ini berlokasi di SLB Pelita Hati Pekanbaru. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) yang mana sumber primer yang digunakan berupa hasil wawancara langsung di lapangan, hasil observasi, serta dokumentasi-dokumentasi yang dikumpulkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Terdapat temuan dimana pelaksanaan kegiatan belajar mengajar kelas tahfiz dilakukan dengan metode yang beragam seperti metode talqin, talaqqi, muraja’ah, dan tasmi’. Selain itu juga terdapat faktor pendorong dalam pelaksanaan metode menghafal al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Pelita Hati Kota Pekanbaru diantaranya yaitu motivasi dari orang tua dan guru, motivasi dari dalam diri sendiri, faktor keadaan lingkungan, dan fasilitas yang memadai. Sedangkan beberapa faktor penghambatnya yaitu kestabilan emosi siswa yang naik turun, kurangnya konsentrasi siswa saat jam belajar tahfiz, dan jumlah guru tahfiz yang sedikit. Kata kunci: metode menghafal al-Qur’an, anak berkebutuhan khusus, SLB Pelita Hati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:28
Last Modified: 11 Jul 2023 03:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72716

Actions (login required)

View Item View Item