Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

POLA KEMITRAAN USAHA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT KECAMATAN BUNUT KABUPATEN PELALAWAN BERDASARKAN PERATURAN BUPATI NOMOR 69 TAHUN 2019 MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

Reza Tri Hanaya, Reza (2023) POLA KEMITRAAN USAHA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT KECAMATAN BUNUT KABUPATEN PELALAWAN BERDASARKAN PERATURAN BUPATI NOMOR 69 TAHUN 2019 MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pola kemitraan usaha perkebunan kelapa sawit yang mana penelitian ini dilakukan di Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana pola kemitraan usaha perkebunan kelapa sawit Kecamatan Bunut. Adapun latar dalam penelitian ini adalah belum efektifnya pola kemitraan yang ada yang mana menjalankan pola bagi hasil yang mana dalam menjalankan pola tersebut belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami dan menjelaskan bagaimana Pola Kemitraan Usaha Perkebunan Kelapa Sawit Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 69 Tahun 2019, bagaimana Perspektif Fiqh Siyasah terhadap Pola Kemitraan Usaha Perkebunan Kelapa Sawit di Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang pengumpulan datanya turun lansung di lapangan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah peneliti menemukan pola kemitraan usaha perkebunan kelapa sawit Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan sudah terlaksanakan meskipun masih belum berjalan dengan efektif seperti yang telah disepakati hal ini terlihat dari yang telah terjadi sebelumnya baik dipengurusannya yang masih kurangnya komunikasi antar sesama, kurangnya rasa percaya, perbedaan pendapat dan kurangnya kesadaran dari masyarakat membuat pola kemitraan ini menjadi belum efektif sebagaimana mestinya. Menurut fiqh siyasah ini termasuk kedalam siyasah maliyah dalam karna merupakan suatu bentuk melaksanakan sebuah amanah dan perintah dari seorang pemimpin dalam hal ini untuk mencipkan suatu kemaslahatan tidak terlepas dari perannya pemerintah dalam membuat suatu kebijakan dan peraturan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Kemitraan sawit peraturan bupati, fiqh siyasah
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:51
Last Modified: 11 Jul 2023 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72702

Actions (login required)

View Item View Item