Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Komunikasi Humas PT Timah Tbk Dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility di Kecamatan Kundur Barat Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau

Zulfandi Kurniawan, - (2023) Strategi Komunikasi Humas PT Timah Tbk Dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility di Kecamatan Kundur Barat Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP (KECUALI BAB V).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI HASIL PENELITIAN (BAB V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)

Abstract

Strategi Hubungan Masyarakat (Humas) dalam sebuah perusahaan merupakan jembatan antara organisasi dengan publiknya. Humas yang profesional perlu menyadari, menyelidiki, dan menyelesaikan masalah yang muncul baik di dalam maupun di luar perusahaan. Bentuk komunikasi yang dilakukan oleh Humas berdampak pada citra dan reputasi perusahaan yang baik. PT. Timah Tbk dikenal sebagai perusahaan penghasil logam timah terbesar di dunia. Terkait hal tersebut, tidak mengherankan ketika muncul banyak tuntutan dari masyarakat di daerah yang memiliki potensi tambang. Masyarakat beranggapan bahwa tambang di daerah otomatis harus memberikan kemakmuran dan kesejahteraan kepada rakyat di wilayah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Humas PT. Timah Tbk dalam pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) di Kecamatan Kundur Barat Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini penulis menggunakan Teori Four Step Public Relations oleh Cutlip, Center and Broom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Humas PT. Timah Tbk dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility di Kecamatan Kundur Barat di mulai dengan melakukan survei terhadap masyarakat setempat Kegiatan survey ini dilakukan dengan cara tanya-jawab kepada masyarakat terkait permasalahan yang terjadi di masyarakat dan juga harapan terhadap PT. Timah Tbk. Kemudian menjalankan tiga katagori Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK), dan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Selain itu strategi lainnya adalah melakukan sosialisasi dengan cara komunikasi secara langsung maupun komunikasi tidak langsung baik melalui media cetak maupun media sosial. Terakhir melakukan evaluasi untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pada program CSR yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:07
Last Modified: 13 Jul 2023 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72683

Actions (login required)

View Item View Item