Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

OVERRUN, KEKENTALAN DAN DAYA LELEH ES KRIM SUSU SAPI DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG UMBI BIT (Beta vulgaris L.) SEBAGAI PENSTABIL PADA KONSENTRASI BERBEDA

DIAN NOVITA, - (2023) OVERRUN, KEKENTALAN DAN DAYA LELEH ES KRIM SUSU SAPI DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG UMBI BIT (Beta vulgaris L.) SEBAGAI PENSTABIL PADA KONSENTRASI BERBEDA. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Salah satu bahan nabati yang digunakan dalam pembuatan es krim adalah umbi bit. Umbi bit mengandung pati dan pigmen betasianin, sehingga umbi bit dapat digunakan sebagai penstabil dan pewarna alami dalam pembuatan es krim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat fisik es krim susu sapi dengan penstabil tepung umbi bit (Beta vulgaris L.) pada konsentrasi berbeda, ditinjau dari sifat fisik (overrun, kekentalan dan daya leleh). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Perlakuan adalah penambahan tepung umbi bit yang terdiri atas 0%, 0,25%, 0,50%, 0,75%. Parameter yang diamati yaitu sifat fisik yang terdiri dari overrun, kekentalan dan daya leleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan tepung umbi bit sebagai penstabil pada konsentrasi sampai dengan 0,75% menunjukkan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap overrun, kekentalan dan daya leleh pada es krim. Kesimpulan penelitian ini adalah penambahan tepung umbi bit sebagai penstabil pada konsentrasi sampai dengan 0,75% terhadap es krim susu sapi belum dapat meningkatkan overrun dan kekentalan pada es krim tetapi dapat mempertahankan daya leleh pada es krim. Kata kunci: Es krim, penstabil, sifat fisik, susu sapi, dan tepung umbi bit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:02
Last Modified: 11 Jul 2023 07:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72659

Actions (login required)

View Item View Item