Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI MI AL-HIDAYAH KOTA PEKANBARU

DIDI FARIS SUSANTO, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI MI AL-HIDAYAH KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIDI FARIS SUSANTO.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Didi Faris Susanto, (2023) : Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di MI Al-Hidayah Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran think talk write di kelas V MI Al-Hidayah Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjek penelitiannya adalah 1 guru dan 17 siswa serta objek penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran think talk write dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat diketahui dari grafik peningkatannya sejak pra tindakan hingga tindakan perbaikan pada siklus I dan II. Data pra siklus menunjukkan persentase keterampilan berbicara siswa hanya 44% dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I pertemuan pertama, keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 59%, namun masih berada pada kategori cukup, dan pertemuan kedua meningkat menjadi 72% dengan kategori tinggi. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama, keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 83% berada pada kategori sangat tinggi, dan pada siklus II pertemuan kedua persentase keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 88% dan berada pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model think talk write dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Al-Hidayah Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Think Talk Write, Keterampilan Berbicara, Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:21
Last Modified: 11 Jul 2023 01:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72658

Actions (login required)

View Item View Item