DESRIANTI AGIRIJA, - (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) PADA KISAH NABI IBRAHIM DALAM AL-QUR’AN. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (973kB) |
||
|
Text
TESIS DESRIANTI AGIRIJA.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Desrianti Agirija (2023): Nilai-Nilai Pendidikan Emotional Quotient Pada Kisah Nabi Ibrahim dalam Al-Qur’an Emotional Quotient atau Kecerdasan emosi merupakan sebuah wacana baru yang teramat menarik. Penelitian goleman menunjukan bahwa kecerdasan emosi menyumbang 80% dari faktor penentu kesuksesan seseorang, sedangkan 20% yang lain ditentukan oleh IQ (Inteligence Quotient). Daniel Goleman juga mengungkapkan bahwa kerugian pribadi akibat rendahnya kecerdasan emosional dapat berkisar dari mulai kesulitan perkawinan, pendidikan anak, buruknya kesehatan jasmani, hambatan perkembangan intelektual, hingga ketidak suksesan karir. Riskedas memaparkan lebih dari 19 juta penduduk mengalami gangguan mental emosional dan lebih dari 12 juta penduduk mengalami depresi. Berdasarkan fenomena di atas maka sangat krusial konsep daniel goleman diangkat sebagai solusi karena pada dasarnya konsep-konsep Daniel mencoba melihat aspek manusia khususnya pada pengelolaan emosi manusia. Salah satu kisah yang terdapat dalam Al-Quran adalah kisah Nabi Ibrahim. Dalam kisah nabi Ibrahim ada banyak nilai pendidikan Emotional Quotient atau kecerdasan emosi yang bisa menjadi ibrah kita. Sebab beliau merupakan bapak daripada para nabi yang berhasil dalam mendidik anak, keluarga, dan umatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis nilainilai pendidikan Emotional Quotient nabi Ibrahim pada kisahnya yang telah tertulis dalam Al-Qur‟an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan pustaka (library research). Metode yang digunakan ada dua. pertama, metode tafsir untuk menemukan ayat-ayat yang berkaitan dengan kisah nabi Ibrahim. Kedua, metode analisis isi (content analysis) untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Emotional Quotient pada kisah nabi Ibrahim. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di dalam Al-Qur‟an terdapat banyak sekali kisah nabi Ibrahim terkait dengan nilai-nilai pendidikan Emotional Quotient yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dilihat dari Emotional Quotient nabi Ibrahim nilai pendidikan yang bisa diterapkan adalah (a) sikap peduli (b) sikap menghargai (c) mampu menghadapi ujian (d) rasa khawatir atau empati (e) kepemimpinan. Kata Kunci : Emotional Quotient, Nabi Ibrahim, Kisah Al-Qur‟an.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 01:18 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 01:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72656 |
Actions (login required)
View Item |