PARUBAHAN NASUTION, - (2023) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN UNTUK PENINGKATAN MUTU LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) TARUNA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (815kB) |
||
|
Text
SKRIPSI PARUBAHAN NASUTION.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Abstrak Parubahan Nasution, (2023): Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Mutu Layanan di SMK Taruna Pekanbaru Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui manajemen perpustakaan untuk peningkatan mutu layanan di SMK Taruna Pekanbaru. 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pegawai perpustakaan untuk peningkatan mutu layanan di SMK Taruna. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, informan utama penelitian ini adalah kepala perpustakaan Sedangkan informan pendukungnya adalah kepala sekolah, dua orang guru dan tiga siswa di SMK Taruna Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganilisis data peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Manajemen perpustakaan untuk peningkatan mutu layanan di SMK Taruna Pekanbaru mulai dari: a). Perencanaan atau penyusunan program perpustakaan di SMK Taruna Pekanbaru. b). Pengorganisasian atau kepengurusan perpustakaan maupun pelayanannya. c). Pelaksanaan manajemen perpustakaan terdapat tiga hal mulai dari pengadaan koleksi, dan pemeliharaan fasilitas dan sistem layanan. Sistem layanan yang digunakan di perpustakaan SMK Taruna Pekanbaru adalah sistem layanan terbuka dan tertutup. d). Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah terhadap pustakawan, tetapi lebih kepada pengawasan tidak langsung. 2). Faktor pendukung dan penghambat perpustakaan dalam meningkatkan mutu layanan di SMK Taruna Pekanbaru adalah Fasilitas pendukungnya yaitu buku dan laptop sebagai media untuk pendataan. Yang menjadi faktor pendukung harus diperhatikan dan dipersiapkan untuk mengantisipasi hambatan yang terjadi selama pengelolaan. faktor penghambat dalam manajemen perpustakaan dalam meningkatkan mutu layanan adalah dari segi jumlah orang kurangnya sumber daya manusia, kemudian juga sarana prasananya karena fasilitas belum memadai jadi pelayanannya banyak terkendala sehingga belum bisa maksimal. Kata Kunci : Manajemen, Perpustakaan, Mutu Layanan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 01:15 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 01:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72649 |
Actions (login required)
View Item |