Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA SMP PADA MATERI GERAK BENDA DAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGAN SEKITAR

TRI RIF’ATUN MUNAWWAROTU LISSA’ADAH, - (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA SMP PADA MATERI GERAK BENDA DAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGAN SEKITAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TRI RIF'ATUN MUNAWWAROTU LISSA'ADAH.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tri Rif’atun Munawwarotu Lissa’adah, (2023): Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android sebagai Sumber Belajar IPA SMP pada Materi Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis android sebagai sumber belajar IPA SMP pada materi gerak benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi Sugiyono yang terdiri dari sepuluh tahapan, yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba awal, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk, dan (10) Produksi masal. Langkah penelitian dalam penelitian ini dibatasi sampai pada tahap ketujuh yaitu tahap revisi produk, hal ini dikarenakan kondisi yang dialami peneliti dalam proses pengembangan. Hasil produk yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dengan skor 81,5% yang berarti sangat valid, ahli media 93,5% yang berarti sangat valid, ahli bahasa 93,2% yang berarti sangat valid, uji praktikalitas oleh guru IPA dengan skor 92% yang berarti sangat praktis, dan uji respon peserta didik dengan skor 94,3% yang berarti sangat baik. Berdasarkan hasil validasi oleh validator ahli diketahui multimedia interaktif berbasis android sebagai sumber belajar IPA SMP pada materi gerak benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar dinyatakan sangat valid. Kata Kunci: Android, Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar, Multimedia Interaktif, Sumber Belajar IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:13
Last Modified: 11 Jul 2023 01:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72648

Actions (login required)

View Item View Item