Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SHALAT DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF HAMKA DAN M. QURAISH SHIHAB SERTA RELEVANSINYA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL (Kajian Tafsir Tematik )

Irvan Afandi, Irvan (2023) SHALAT DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF HAMKA DAN M. QURAISH SHIHAB SERTA RELEVANSINYA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL (Kajian Tafsir Tematik ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Shalat dalam al-Qur’an Perspektif Hamka dan M.Quraish Shihab Serta Relevansinya dengan Kecerdasan Emosional (Kajian Tafsir Tematik)”. Shalat merupakan amal yang sangat penting sehingga shalat tidak dapat ditinggalkan dalam keadaan apapun, Shalat tidak hanya memberi kepribadian batiniyah tetapi shalat juga bisa membentuk kecerdasan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan keterkaitan antara shalat dengan kecerdasan emosional oleh karena itu penulis merumuskan dua Rumusan masalah yakni Bagaimana Penafsiran Ayat-Ayat tentang Shalat dalam al-Qur’an Perspektif Hamka dan M.Quraish Shihab, kemudian Bagaimana relevansi penafsiran Ayat-ayat tentang shalat perspektif Hamka dan M.Quraish Shihab dengan Kecerdasan Emosional. Penelitian dengan jenis library research ini menggunakan metode kualitatif dengan data-data yang bersumber dari tafsir al-Azhar dan tafsir al-Misbah , data-data tersebut didapat dari dokumentasi literasi yang kemudian direduksi dan deskripsikan kedalam paragraf yang padu sehingga ditarik kesimpulan bahwa Makna shalat yang terdapat dalam al-Qur’an bermakna do’a, shalat ini seakar kata dengan silatun terhubung kuat sehingga sulit dilepaskan dan memiliki hubungan kasih yang dalam sehingga dimanapun ia tersambung, dan shalat melatih kita supaya terus terhubung dengan Allah sehingga tidak terpisahkan pengawasan, perlindungan, dan pemberian Allah disetiap waktu, tempat dan dimanapun. Adapun kaitan shalat dengan kecerdasan emosional adalah bahwa shalat adalah ibadah badaniyah yang paling berat tetapi jika shalat yang dikerjakan itu dilakukan dengan benar maka akan memperoleh kemenangan serta menahan seseorang dari berbuat kejahatan dan kesalahan,yang bisa membentuk kecerdasan emosional kepada diri seseorang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Shalat, Kecerdasan Emosional, al-Qur’an, Tafsir.
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:39
Last Modified: 10 Jul 2023 07:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72628

Actions (login required)

View Item View Item