Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMENTASI SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI MAN 2 KAMPAR

RAMDA PRIFES, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMENTASI SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI MAN 2 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAMDA PRIFES.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ramda Prifes (2023): Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam di MAN 2 Kampar Penerapan model pembelajaran problem based learning mengajarkan siswa bagaimana menghadapi masalah dan mencari solusi dengan mengemukakan pendapat dan memberikan pembenaran logis untuk masalah nyata, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa. Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berargumentasi siswa pada materi hidolisis garam. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Kampar kelas XI IPA pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, jenis penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah pretest-posttest Non-Equivalent control grub design. Populasi dari peneltian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa pada kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes uraian dengan pengolahan data menggunakan uji-t dan uji koefisien determinasi. Pada uji-t diperoleh hasil Sig (2- tailed)= 0.000 lebih kecil dari 0.05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Untuk uji determinasi diperoleh nilai (r2)= 0.284, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berargumentasi siswa pada materi hidrolisis garam sebesar 28,4%. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berargumentasi, Hidrolisis Garam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:09
Last Modified: 10 Jul 2023 08:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72619

Actions (login required)

View Item View Item