AHMAD IRPAN, - (2023) SINERGI ORANG TUA DAN GURU DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK MTS TAUPIQ WALHIDAYAH KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
TESIS-AHMAD IRPAN.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ahmad Irpan, (2023): Sinergi Orangtua Dan Guru Dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik Mts Taupiq Walhidayah Kota Pekanbaru. Untuk mewujudkan akhlakul karimah itu tidaklah mudah. Akhlakul karimah berarti tingkah laku yang terpuji yang merupakan tanda kesempurnaan iman seseorang kepada Allah, yang dilahirkan berdasarkan sifat-sifat terpuji. Tentu itu memerlukan proses panjang melalui pendidikan. Dengan demikian, sinergi orang tua dan guru tak terbantahkan sebagai sesuatu yang penting bagi keberhasilan untuk mewujudkan akhlakul karimah peserta didik yang berkualitas. Berkenaan dengan hal tersebut maka tujuan penelitiannya adalah untuk menggambarkan sinergi antara orangtua dan guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik Mts Taupiq Walhidayah Kota Pekanbaru.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, orang tua, guru dan peserta didik. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, observasi serta dokumentasi dan data di analisis dengan mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk sinergi orang tua dan guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik MTs Taupiq Walhidayah Kota Pekanbaru adalah Berkonsultasi dan berkomunikasi dengan baik antara guru dan orang tua, Mengadakan pertemuan guru dan orang tua peserta didik, Saling mendukung dalam membina akhlakul karimah peserta didik. Adapun upaya orangtua dan guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik MTs Taupiq Walhidayah Kota Pekanbaru adalah upaya orang tua: Menanamkan keyakinan kepada Allah swt, Memberikan contoh dan teladan yang baik, Memberikan perhatian, dan Memberikan pengawasan. Dan Adapun upaya guru adalah: dengan Pembiasaan, Setiap hari seluruh peserta didik dibiasakan dengan perbuatan yang terpuji, Menerapkan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun), Membaca Do‟a (Do‟a bersama) dan baca Al-Quran pada pagi hari sebelum pelajaran pertama di mulai, melaksanakan Salat duha, salat zuhur dan salat asar berjamaah, memberikan Infaq dan Shodaqoh, Pelaksanaan rohani islam (rohis) yasinan,praktek salat, hapalan qur‟an atau tahfizd dan pidato, Pemberian Nasihat, Kegiatan Keagamaan, Keteladanan, dan Membuat tata tertib sekolah. Kata kunci: Sinergi, Orang Tua, Guru, Akhalkul karimah
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:26 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72611 |
Actions (login required)
View Item |