ANALISIS ETIKA PELAYANAN KARYAWAN HOTEL RAUDA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

Desi Susanti, (2014) ANALISIS ETIKA PELAYANAN KARYAWAN HOTEL RAUDA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ANALISIS ETIKA PELAYANAN KARYAWAN HOTEL RAUDA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM”. Penelitian ini bersifat penelitian (Field Research) di Hotel Rauda Pekanbaru, Jalan Tengku Zainal Abidin, (Tangkuban Perahu) No. 4 Pekanbaru, Riau. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah, bahwa semakin banyaknya lembaga keuangan dan badan usaha yang berbasis syariah akhir-akhir ini, begitu juga dengan bisnis perhotelan. Sudah banyak berdiri hotel yang berbasis syariah, Hotel Rauda Pekanbaru adalah salah satu hotel yang pelayanannya menerapkan prinsip syariah walaupun belum ada Fatwa DSN MUI yang baku. Namun dalam pelayanan yang dilakukan karyawan Hotel Rauda Pekanbaru baik dari segi berpakaian, fasilitas yang ditawarkan, tutur kata, keramahan, kesopanan menerapkan prinsip syariah. Karena budaya perusahaan yang memiliki lambang syariah akan tercermin pula adanya nilai-nilai yang dianut yang sesuai dengan prinsip syariah. Namun bagi masyarakat pada umumnnya lambang syariah yang dibuat di hotel yang berbasis syariah ini belum tentu sepenuhnya memakai prinsip syariah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, Bagaimana Standar Etika Pelayanan Karyawan Hotel Rauda Pekanbaru, Bagaimana penerapan Etika pelayanan di Hotel Rauda Pekanbaru, dan Bagaimana Tinjauan Ekonomi Islam terhadap standar dan penerapan Etika Pelayanan Karyawan berdasarkan prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah Etika Pelayanan karyawan terhadap penerapan prinsip-prinsip syariah di Hotel Rauda Pekanbaru. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini tamu Hotel Rauda Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objek adalah bagaimana Etika Pelayanan karyawan terhadap penerapan prinsip-prinsip syariah di Hotel Rauda Pekanbaru. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah tamu Hotel Rauda Pekanbaru yang jumlahnya tidak diketahui, oleh karena itu penulis mengunakan kuota sampling sebanyak 40 orang tamu hotel secara incidentil Teknik-teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini Wawancara, angket secara langsung dengan pimpinan, karyawan dan pengunjung Hotel Rauda Pekanbaru, di tambah dengan literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Analisa yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. Maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa standar etika pelayanan karyawan Hotel Rauda Pekanbaru sudah menjalankan tugas masing-masing sesuai dengan bidangnya , setiap bidang memiliki SOP yang berbeda. Walaupun Standar Operation Procedure belum ada standar yang baku dari Dsn Mui , Hotel Rauda sudah meningkatkan Etika Pelayanan dengan mengadakan Pelatihan Kerohanian dan seminar yang berhubungan dengan Etika Pelayanan dan “Service Excelent”. Oleh karena itu Hotel Rauda Mempunyi satandar bahwa setiap penerimaan karyawan harus memiliki sifat dan pribadi yang baik. Penerapan Etika pelayanan pada Hotel Rauda Pekanbaru terdiri dari: prinsip persamaan, ramah-tamah dalam melayani, kesopanan, mengunakan tutur kata yang baik, sabar dalam melayani permintaan tamu, adanya rasa aman dan nyaman untuk para tamu, adanya kerja sama atau tolong menolong antar bagian, melayani dengan wajah yang berseri, dan tidak berat hati dalam melayani telah dilaksanakan dengan baik oleh para karayawan Hotel Rauda Pekanbaru, namun kecepatan dalam melayani tamu kadang-kadang masih lambat dan belum maksimal. Tinjauan Ekonomi Islam terhadap satandar dan penerapan etika pelayanan karyawan Hotel Rauda Pekanbaru adalah walaupun standar yang dimiliki belum ada aturan baku tentang Etika Pelayanan dari Dsn Mui Hotel Rauda sudah menjalankan Pelayanan berdasarkan syariah dari tahun 2014, Penerapan Etika Pelayanan Karyawan berdasarkan prinsip syariah sudah hampir semua diterapkan diantaranya adanya prinsip persamaan tanpa membeda-bedakan tamu hotel, ramah dalam melayani, sopan, sabar, adanya rasa aman dan nyaman ,prinsip Kerjasama atau tolong menolong antara bagian, Mengunakan tutur kata yang lembut dan tabasuum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 13 Sep 2016 08:32
Last Modified: 13 Sep 2016 08:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7261

Actions (login required)

View Item View Item