Penerapan Strategi Cooperative Learning Tipe Peer Lessons Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Di Mts Diniyah Putri Kota Pekanbaru

Nurbaiti, (2011) Penerapan Strategi Cooperative Learning Tipe Peer Lessons Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Di Mts Diniyah Putri Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201156.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian experimen (uji coba) yaitu peneliti berperan langsung (mengajar) dalam proses pembelajaran, Penelitian ini menggunakan dua lokal, yaitu lokal yang di jadikan experimen dan lokal yang di jadikan lokal kontrol. Hal ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa antara lokal experimen yang di terapkan strategi kooperative learning tipe peer lessons, dan lokal kontrol yang tidak di terapkan strategi kooperative learning tipe peer lessons. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MTs Diniyah Putri Kota Pekanbaru, dan objeknya adalah penerapan strategi kooperative learning tipe peer lessons untuk meningkatkan hasil belajar bahasa arab siswa kelas II MTs Diniyah Putri Kota Pekanbaru Peneliti menggunakan Test dan Observasi dalam mengumpulkan data. Test tersebut dilaksanakan sebelum menerapkan strategi cooperative learning tipe peer lessons, dan sesudah meneraokan strategi cooperative learning tipe peer lessons. Sedangkan observasi dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Dan untuk menganalisa data, Peneliti menggunakan rumus : Χ 100 % Ν Ρ = f 2 2 1 1     Ν −  +    Ν − Μ − Μ = SDx SDy x y to Data analisa yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang belajar dengan menerapkan strategi cooperative learning tipe peer lessons, dan yang belajar tanpa menerapkan strategi cooperative learning tipe peer lesson, Karena nlilai To = 5,148 lebih besar dari Tt pada taraf 5% = 2,01 dan pada taraf 1% = 2,69, ini berarti hipotesis alternative diterima dan hipotesis nihil ditolak, dan data observasi mencapai 66,66% (bagus) karena pada tingkatan 65% - 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item View Item