BISNIS WARALABA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Andriani, (2014) BISNIS WARALABA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bisnis waralaba pada usaha tela-tela pelangi di jalan Bangau Sakti dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap bisnis waralaba pada usaha tela-tela pelangi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Simpang Baru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan pada usaha tela-tela pelangi di jalan Bangau Sakti. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bisnis waralaba pada usaha tela-tela pelangi dan mengetahui tinjauan Ekonomi Islam terhadap bisnis waralaba pada usaha tela-tela pelangi ini. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menganalisis buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data skunder yang kemudian dianalisa menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 5 orang, dengan mengambil sampel dan populasi menggunakan metode total sampling. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa usaha tela-tela ini sesungguhnya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan khususnya perekonomian keluarga penjual. Dan tidak bertentangan dengan sistem Ekonomi Islam. Waralaba pada usaha tela-tela pelangi merupakan pengembangan dari bentuk syirkah (kemitraan dalam Islam) dimana waralaba pada usaha tela-tela pelangi menerapkan sistem bisnis waralabanya dengan menggunakan syirkah inan yaitu persetujuan kerjasama antara dua orang atau lebih untuk memasukkan bagian tertentu dari modal yang akan diperdagangkan, dengan ketentuan keuntungannya dibagi antara anggota sesuai dengan yang telah disetujui bersama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 13 Sep 2016 08:26
Last Modified: 13 Sep 2016 08:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7259

Actions (login required)

View Item View Item