Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TRANSFORMASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA MELALUI BUDAYA SIRI’ PADA ANAK DI DESA PEBENAAN KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

WIRDATUL KHASANAH, - (2023) TRANSFORMASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA MELALUI BUDAYA SIRI’ PADA ANAK DI DESA PEBENAAN KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS WIRDATUL KHASANAH.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wirdatul Khasanah (2023): Transformasi Pendidikan Karakter dalam Keluarga melalui Budaya Siri’ pada Anak di Desa Pebenaan Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Pendidikan karakter merupakan salah satu hal penting yang harus ditanamkan sejak dini dalam kehidupan seorang anak. Keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter anak karena keluarga adalah lingkungan pertama bagi anak. Budaya siri‟ pada anak merupakan salah satu budaya yang dapat dijadikan sebagai media untuk mengajarkan nilai-nilai karakter pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja nilai-nilai karakter yang ada pada budaya siri‟, untuk mengetahui bagaimana metode dalam menyampaikan nilai-nilai karakter yang ada pada budaya siri‟, untuk mengetahui bagaimana transformasi pendidikan karakter dalam keluarga melalui budaya siri‟, dan untuk mengetahui apa saja kendala transformasi pendidikan karakter dalam keluarga melalui budaya siri‟ Penelitian ini berlokasi di Desa Pebenaan Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir terkait dengan masyarakat Bugis dalam menerapkan budaya siri‟ dalam membentuk karakter anak dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya siri‟ pada anak dapat menjadi media yang efektif untuk mengajarkan pendidikan karakter dalam keluarga. Orang tua yang mengajarkan budaya siri‟ pada anak secara konsisten kepada anak-anak mereka memiliki anak yang memiliki karakter yang baik, seperti sopan santun, menghargai orang lain, dan memiliki nilai-nilai kejujuran yang tinggi. Orang tua juga memainkan peran yang penting dalam memperkenalkan budaya siri‟ kepada anak-anak mereka. Kata Kunci: Transformasi, Pendidikan Karakter, Budaya Siri.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:59
Last Modified: 07 Jul 2023 08:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72582

Actions (login required)

View Item View Item