Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HUMAIROH KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

SRI WAHYUNI DLY, - (2023) PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HUMAIROH KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
TESIS SRI WAHYUNI DLY.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sri Wahyuni, (2023) : Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Humairoh Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program tahfidz dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program tahfidz al-quran Sekolah Dasar Islam Terpadu Humairoh Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambilan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini terdiri dari guru tahfidz, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dan siswa SDIT Humairoh. Hasil penelitian ini terkait pelaksanaan program tahfidz al-quran Sekolah Dasar Islam Terpadu Humairoh Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar: Menyusun beberapa perencanaan program tahfidz, Pelaksanaan Program Tahfidz SDIT Humairoh terlaksana dengan baik. Berbagai metode dalam program tahfidz yang digunakan sesuai kondisi. Penerapan adab guru dan siswa SDIT Humairoh seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW. Melakukan evaluasi dan menentukan Instrumen Program Tahfidz SDIT Humairoh, Hasil evaluasi dan pencapaian target program tahfidz SDIT Humairoh secara umum tercapai sesuai target. Faktor pendukung program tahfidz SDIT Humairoh, di antaranya: Dukungan dan kerjasama yang baik dari orang tua/ wali murid dan seluruh pihak kepada pihak sekolah, tenaga pendidik yang sesuai dengan skill tahfidz kemauan anak dalam menghafal Al-quran yang tinggi, sarana dan prasarana sekolah yang mendukung, lingkungan sekolah yang nyaman dan bersih, fasilitas sekolah yang mendukung seperti media pembelajaran tahfidz berupa speaker quran, serta pemberian motivasi dan reward. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: rendahnya motivasi siswa, rendahnya progress dan kemampuan siswa, kurangnya tenga pendidik yang sesuai, orang tua yang sulit bekerjasama, adanya gangguan dalam fasilitas, dan lingkungan yang tidak mendukung maupun tidak kondusif. Kata Kunci: Pelaksanaan Program, Tahfidz Al-quran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:26
Last Modified: 11 Jul 2023 01:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72569

Actions (login required)

View Item View Item