Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TRANSAKSI JUAL BELI TELEPON BEKAS (Studi Analisis Fikih Muamalah di Andika Phone Cell Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru)

FEBY WIJI LESTARI, - (2023) TRANSAKSI JUAL BELI TELEPON BEKAS (Studi Analisis Fikih Muamalah di Andika Phone Cell Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FEBY WIJI LESTARI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Feby Wiji Lestari, 2023 : Transaksi Jual Beli Telepon Bekas (Studi Analisis Fikih Muamalah di Andika Phone Cell Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru) Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya pembeli yang komplain terhadap transaksi jual beli telepon bekas di Andika phone cell yang mana belum memenuhi rukun & syarat serta mengandung unsur tadlis/penipuan. Dalam praktik jual beli tersebut terjadi ketidaksesuaian antara teori dan praktik dimana jual beli adalah suatu perjanjian tukar-menukar benda atau barang yang mempunyai nilai secara sukarela antara kedua belah pihak, sesuai dengan yang dibenarkan syara’, harus memenuhi rukun & syarat, serta menjauhi unsur tadlis/penipuan sehingga tidak ada pihak yang mendzalimi atau terzhalimi. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana praktik pelaksanaan transaksi jual beli telepon bekas di Andika phone cell Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dan bagaimana analisis Fikih Muamalah terhadap transaksi jual beli telepon bekas di Andika phone cell Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik pelaksanaan transaksi jual beli telepon bekas di Andika phone cell Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dan untuk mengetahui analisis Fikih Muamalah terhadap transaksi jual beli telepon bekas di Andika phone cell Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang yaitu 1 penjual dan 5 pembeli yang melakukan komplain. Sumber data ini langsung dari lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data penulisan ini adalah menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Selanjutnya hasil dari penelitian ini adalah bahwa praktik transaksi jual beli telepon bekas di Andika phone cell Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru baik transaksi jual beli secara offline dan online masih belum memenuhi rukun dan syarat sesuai dengan yang ditentukan oleh syara’ yaitu tidak terpenuhinya kualitas dari mauqud alaih tersebut. Selain itu juga tidak adanya garansi atau hak khiyar yang membuat salah satu pihak dirugikan. Kata Kunci : Jual Beli, Telepon Bekas, Fikih Muamalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:07
Last Modified: 07 Jul 2023 03:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72546

Actions (login required)

View Item View Item