Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS LARANGAN ORANG TUA TERHADAP ANAK LAKI-LAKI YANG BELUM BEKERJA TETAP UNTUK MENIKAH (STUDI KASUS DI DESA TANDUN BARAT KECAMATAN TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU DALAM HUKUM ISLAM)

ALNI ILPAYULIA, - (2023) ANALISIS LARANGAN ORANG TUA TERHADAP ANAK LAKI-LAKI YANG BELUM BEKERJA TETAP UNTUK MENIKAH (STUDI KASUS DI DESA TANDUN BARAT KECAMATAN TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU DALAM HUKUM ISLAM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALNI ILPAYULIA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alni Ilpayulia, (2023):Analisis Larangan Orang Tua Terhadp Anak Laki-laki Yang Belum Bekerja Tetap Untuk Menikah (Studi Kasus Di Desa Tandun Barat Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu Dalam Hukum Islam). Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terhadap alasan orang tua melarang anak menikah sebelum memiliki pekerjaan tetap di desa Tandun Barat kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan observasi lapangan di desa Tandun Barat masih ada orang tua yang melarang anaknya menikah sebelum memiliki pekerjaan tetap. Mereka mengharuskan anaknya bekerja terlebih dahulu dan kemudian baru diperbolehkan menikah. Sehingga masih ada orang tua dari laki-laki menunda menikahkan anaknya karna alasan belum memiliki pekerjaan tetap. Tujuan dari penelitian ini dirancang untuk mengetahui alasan orang tua melarang anak menikah sebelum memiliki pekerjaan tetap, dan mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap alasan orang tua melarang anak menikah sebelum memiliki pekerjaan tetap di desa Tandun Barat kabupaten Rokan Hulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (field research). Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa secara deskriftif kualitatif. Kemudian populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tua di desa Tandun Barat yang berjumlah 50 orang. Dan sampelnya berjumlah 14 orang tua yang melarang anak menikah. Sampel ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat empat temuan alasan orang tua melarang anak menikah sebelum memiliki pekerjaan tetap yaitu dikarenakan faktor baru bekerja, sudah bekerja tetapi dilarang menikah karena masih mempunyai tanggungan untuk membiayai sekolah adiknya, tidak dihargai (takut direndahkan pihak perempuan), kekhawatiran orang tua jika anaknya tidak mampu menafkahi isterinya (faktor ekonomi). Kata Kunci: Alasan Melarang, Menikah, Pekerjaan Tetap, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:01
Last Modified: 07 Jul 2023 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72545

Actions (login required)

View Item View Item