Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN TUGAS PEMERINTAH DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus Desa Tanah Bekali Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi)

M. Hafis, Hafis (2023) PELAKSANAAN TUGAS PEMERINTAH DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus Desa Tanah Bekali Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakpuasan masyarakat terhadap pelaksanaan tugas pemerintah desa yang kurang baik, disebabkan beberapa faktor yang menyebabkan kesan tersebut terkemukakan, mulai dari tidak difungsikannya kantor desa dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat serta kebanyakan pelayanan yang dilakukan pada malam hari. Dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yakni, 1). Bagaimana pelaksanaan tugas pemerintah desa dalam pelayanan publik di Desa Tanah Bekali berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014, 2). Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan tugas pemerintah desa dalam pelayanan publik di Desa Tanah Bekali, dan 3). Pelaksanaan tugas pemerintah desa dalam pelayanan publik di Desa Tanah Bekali dalam Perspektif Fiqh Siyasah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Lapangan (Field research). Subjek dalam penelitian ini adalah Pemerintah Desa yang bersangkutan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah Pelaksanaan Tugas Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Menurut Perspektif Fiqh Siyasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan motode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan tugas pemerintah desa dalam pelayanan publik kepala desa harus menginstruksikan kepada bawahannya untuk selalu menjunjung tinggi transparansi proses pelayanan publik, menjamin kepastian hukum dari hasil produk pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat supaya masyarakat tidak memiliki rasa cemas, dalam menjalankan proses pelayanan publik selalu memperhatikan efisiensi dan efektivitas serta memperhatikan hak dan kewajiban antara masyarakat selaku pengguna layanan publik dan pemerintah desa selaku penyedia pelayanan publik. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu kemampuan sumber daya, sarana dan prasarana yang menjadi aspek penting terhadap pelaksanaan tugas pemerintah desa. Selain itu, untuk memberikan pelayanan yang terbaik hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip fiqh siyasah yang telah sejalan dengan ajaran islam, diantaranya prinsip keadilan, kejujuran, persamaan dan prinsip persatuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Tugas, Pelayanan Publik, Fiqh Siyasah
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:47
Last Modified: 07 Jul 2023 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72539

Actions (login required)

View Item View Item