Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FENOMENA PERCERAIAN APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI (ANALISIS SOSIOLOGI HUKUM ISLAM)

ALZEKRILLAH SYAF, AS (2023) FENOMENA PERCERAIAN APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI (ANALISIS SOSIOLOGI HUKUM ISLAM). Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img] Text
BAB IV alzekrillah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img]
Preview
Text
Tesis Tanpa BAB IV alzekrillah.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena akan tingginya tingkat perceraian di masyarakat, terutama di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Kuantan Singingi, yaitu pada tahun 2021 terdapat 25 kasus dan di tahun 2022 10 kasus. Karena secara teori, diperlukan persyaratan yang cukup ketat bagi seorang ASN untuk mengajukan perceraian. Namun demikian, angka perceraian dikalangan ASN masih juga cukup tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud inging menjawab pertanyaan faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya perceraian Aparatur Sipil Negara di Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi?; dan bagaimana tinjauanan sosiologi hukum Islam terhadap perceraian yang dialami oleh ASN di Kabupaten Kuantan Singingi? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data diambil dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Subyek penelitian adalah ASN yang bercerai, yakni 3 Orang ASN yang melakukan Perceraian, yaitu Ibu Vera (ASN Guru); Ibu Dian (ASN Guru); dan Ibu Iza (ASN Guru). Sedangkan analisisnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Terdapat beragam penyebab terjadinya perceraian di Kalangan ASN Kabupaten Kuantan Singingi, diantaranya adalah disebabkan oleh pertengkaran dan perselisisihan yang terus menerus, alasan ekonomi atau nafkah yang tidak terpenuhi oleh seorang suami, alasan ditinggalkan oleh salah satu pihak dengan alasan yang tidak jelas, beserta karena faktor sang suami yang selingkuh, KDRT, tidak memberi nafkah dan lainnya. Kedua, Secara sosiologi hukum Islam, telah terjadi pergeseran peran antara suami dan isteri dalam hal pemenuhan ekonomi keluarga. Dalam hal ini, terlihat dari banyaknya ASN dari kalangan Guru, yang secara ekonomi memiliki penghasilan yang cukup besar. Selain itu juga karena gagalnya masing-masing pihak, suami atau isteri dalam mengelola konflik yang terjadi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:55
Last Modified: 07 Jul 2023 01:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72533

Actions (login required)

View Item View Item