Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TRADISI PEMBACAAN SURAT-SURAT PILIHAN PADA MALAM JUM’AT DAN PENGARUH TEHADAP SELF AWARENESS SANTRI DI SMA ISLAM TERPADU BANGKINANG (Kajian Living Quran)

SUHADA, - (2023) TRADISI PEMBACAAN SURAT-SURAT PILIHAN PADA MALAM JUM’AT DAN PENGARUH TEHADAP SELF AWARENESS SANTRI DI SMA ISLAM TERPADU BANGKINANG (Kajian Living Quran). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: TRADISI PEMBACAAN SURAT-SURAT PILIHAN PADA MALAM JUM’AT DAN PENGARUH TERHADAP SELF AWARENESS SANTRI DI SMA ISLAM TERPADU BANGKINANG (Kajian Living Quran), dengan rumusan masalah (1) Bagaimana praktik pembacaan surah-surah pilihan pada malam Jum‟at di SMA Islam Terpadu Bangkinang (2) Apa pengaruh tradisi pembacaan surat-surat pilihan pada malam Jum‟at terhadap Self Awareness pada santri di SMA Islam Terpadu Bangkinang. Jenis penelitian lapangan (Field Reaserch) penelitian yang mengambil langsung di lapangan atau satu bentuk penelitian yang memperoleh data dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian, juga menggunakan pendekatan etnografi, pendekatan yang dilakukan untuk mendeskripsikan budaya atau aspek-aspeknya, dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan juga melakukan analisis data, yakni reduksi data, display data, dan verifikaasi data agar data-data tersebut terangkum dengan baik. Hasil dari penelitian (1) praktik pembacaan surah-surah pilihan pada malam Jum‟at di Pondok Pesantren Islam Terpadu Bangkinang dilakukan setelah isya adapun suratsurat pilihan yang dibaca yakni Surat al-Kahfi, surat ar-Rahman, surat al-Waqi‟ah, surat Yaasiin, surat al-Mulk. Tujuan Tradisi Pembacaan Surah-surahpilihan pada malam Jum‟at di Pondok Pesantren Islam Terpadu Bangkinang yakni agar santrisantri dapat merubah dirinya menjadi seorang insan yang lebih giat belajar, disiplin, dan semangat dan khusyuk dalam hal ibadah dari pembacaan surat-surat pilihan tersebut. (2) Pembacaan surat-surat pilihan berpengaruh terhadap Self Awareness dari segi aspek-aspek dan indikator-indikator dalam meningkatkan Self Awareness pada santri. Salah satu yang mempengaruhi kesadaran diri adalah suatu bacaan yang dapat dipahami dengan jelas yang dapat mempengaruhi kemandirian untuk melakukan aktivitas sehari-hari, baik sendiri maupun di bimbing sebagai tahap pengembangan dan kapasitas santri dan dari membaca itu dapat mewujudkan dengan proses pembelajaran partisipatif dan andralogi sesuai dengan karakter santri dan mengutamakan kepuasan belajar untuk menjadi lebih baik lagi. Adapun aspek-aspek lain yang menunjang peningkatan self awareness itu adalah mampu mengenali diri sendiri, tergantung apa yang santri rasakan ketika berinteraksi dengan santri lainna maupun melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mendukung santri dalam meningkatkan self awareness bagi para santri di SMA Islam Terpadu Bangkinang. Kata kunci: Tradisi, Pembacaan Surat-Surat Pilihan, Self Awareness.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:34
Last Modified: 07 Jul 2023 02:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72525

Actions (login required)

View Item View Item