Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD BABUSSALAM KOTA PEKANBARU

SYIFA FAUZIYYATUN, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD BABUSSALAM KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYIFA FAUZIYYATUN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Syifa Fauziyyatun, (2023): Pengaruh Penggunaan Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada Muatan Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Babussalam Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep siswa yang belum sesuai harapan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan strategi pembelajaran (PQ4R) terhadap kemampuan pemahaman konsep pada muatan pelajaran IPS siswa kelas V SD Babussalam. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain penelitian none-equivalent control group design. Populasi mencakup seluruh siswa kelas V yang berjumlah 78 orang dengan sampel penelitian kelas V.B sebagai kelas eksperimen dan kelas V.A sebagai kelas kontrol, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar soal tes kemampuan pemahaman konsep dan dokumentasi. Soal tes telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal sebelum digunakan. Penelitian ini menggunakan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji t. Hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen mencapai nilai sebesar 92,10 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai 67,90. Perbedaan rata-rata menunjukkan nilai signifikasi yang diperoleh sebesar 12,12 lebih kecil dari nilai taraf signifikasi 5% yaitu 1,69. Maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran PQ4R terhadap kemampuan pemahaman konsep pada muatan pelajaran IPS siswa kelas V SD Babussalam Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review, Kemampuan Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:33
Last Modified: 07 Jul 2023 02:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72523

Actions (login required)

View Item View Item