Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP SIFAT–SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V MI AL HIDAYAH PEKANBARU

ULFA ANGGRAINI, - (2023) PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP SIFAT–SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V MI AL HIDAYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ULFA ANGGRAINI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ulfa Anggraini, (2023): Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep Sifat-Sifat Cahaya pada Siswa Kelas V MI Al- Hidayah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model explicit instruction dengan metode eksperimen terhadap kemampuan penguasaan konsep sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V MI Al-Hidayah Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian jenis pre-eksperimen dan desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al-hidayah Pekanbaru. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil penlitian, maka ditarik kesimpulan bahwa kemampuan penguasaan konsep siswa kelas eksperimen post-test lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen pre-test yaitu nilai rata-rata hasil uji t-test terhadap skor post-test kelas eksperimen 81,81, lebih tinggi dibandingkan hasil uji t-test, pre-test kelas ekspermen 34,41. Sedangkan berdasarkan hasil uji one sample t-test dengan perolehan nilai signifikansi sig ( 2-tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari taraf signifikansi 5%, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penerapan model explicit instruction dengan metode eksperimen terhadap kemampuan penguasaan konsep siswa pada materi sifat sifat cahaya kelas V MI Al Hidayah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Explicit Instruction,Metode Eksperimen, Kemampuan Penguasaan Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:05
Last Modified: 07 Jul 2023 02:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72512

Actions (login required)

View Item View Item