Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE SHOW AND TELL UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV MI AL BAROKAH PEKANBARU

FRANSISCA YULIA SAPUTRI, - (2023) PENERAPAN METODE SHOW AND TELL UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV MI AL BAROKAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FRANSISCA YULIA SAPUTRI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fransisca Yulia Saputri, (2023) : Penerapan Metode Show And Tell untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MI Al Barokah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri siswa melalu metode show and tell pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Al Barokah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya rasa percaya diri siswa, diantaranya siswa kurang berani tampil di depan kelas dan kurang mampu menyampaikan materi dengan baik. Penelitian ini merupakan penilaian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah penerapan metode show and tell dan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa metode show and tell dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa yang mana sebelum tindakan hanya mencapai 59% dengan kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I rasa percaya diri siswa meningkat menjadi 77,1% dengan kategori cukup baik, dan pada siklus II rasa percaya diri siswa meningkat menjadi 88,1% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode show and tell dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Al Barokah Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Show and Tell, Rasa Percaya Diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:02
Last Modified: 07 Jul 2023 02:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72508

Actions (login required)

View Item View Item