Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING SUGGESTOPEDIA METHOD ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT AT THE TENTH GRADE STUDENTS OF STATE SENIOR HIGH SCHOOL 1 TANAH MERAH

FANNY APRILIA SARI, - (2023) THE EFFECT OF USING SUGGESTOPEDIA METHOD ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT AT THE TENTH GRADE STUDENTS OF STATE SENIOR HIGH SCHOOL 1 TANAH MERAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FANNY APRILIA SARI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fanny Aprilia Sari, (2023) : Pengaruh Penggunaan Metode Suggestopedia Terhadap Pemahaman Membaca Siswa Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Tanah Merah Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang dihadapi siswa dalam belajar bahasa Inggris khususnya dalam membaca teks naratif, seperti kesulitan mengidentifikasi ide pokok, struktur umum dan kekurangan kosa kata. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode Suggestopedia yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa dalam teks naratif. Dalam penelitian quasi experimental ini, peneliti menggunakan cluster random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Total keseluruhan populasi sebanyak 176 siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Merah. Kelas yang terpilih menjadi sampel adalah X MIPA 3 yang menjadi kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa., dan kelas X MIPA 4 yang menjadi kelas control dengan jumlah 32 siswa. Jadi total sampel adalah 59 siswa. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes membaca untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami teks naratif. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang jelas terhadap kemampuan membaca siswa pada teks naratif yang tidak menggunakan dan menggunakan metode Suggestopedia, dimana Sig (2 tailed) memiliki nilai 0.000 lebih rendah dari 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, adanya pengaruh yang cukup baik dari penerapan metode Suggestopedia terhadap pemahaman membaca siswa pada teks naratif kelas sepuluh Sekolah Menengah Atas 1 Tanah Merah, dengan hasil eta squared 0.347. Berdasarkan temuan penelitiam, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat efek yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa yang diajar dengan menggunakan Suggestopedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:56
Last Modified: 07 Jul 2023 01:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72504

Actions (login required)

View Item View Item