Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF TEACHING ENGLISH BY USING YOUTUBE VIDEO ON STUDENTS’ LISTENING COMPREHENSION AT THE FIRST YEAR OF STATE SENIOR HIGH SCHOOL PLUS RIAU PROVINCE

VALOZA ARORA SARI, - (2023) THE EFFECT OF TEACHING ENGLISH BY USING YOUTUBE VIDEO ON STUDENTS’ LISTENING COMPREHENSION AT THE FIRST YEAR OF STATE SENIOR HIGH SCHOOL PLUS RIAU PROVINCE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI VALOZA ARORA SARI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Valoza Arora Sari (2023) : Pengaruh Pengajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Video Youtube terhadap Pemahaman Mendengarkan Siswa pada Tahun Pertama Sekolah Menengah Atas Negeri Provinsi Riau Penelitian ini dilakukan untuk mengukur pengaruh pengajaran bahasa Inggris dengan menggunakan video YouTube terhadap pemahaman mendengarkan siswa dalam teks deskriptif di kelas sepuluh Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Provinsi Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman mendengar siswa yang diajarkan tanpa dan dengan menggunakan video Youtube sebagai media, mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman mendengarkan siswa yang diajarkan dengan dan tanpa menggunakan video Youtube sebagai media, serta mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan video Youtube sebagai media terhadap kemampuan pemahaman mendengarkan siswa kelas sepuluh Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Provinsi Riau. Desain penelitian ini adalah quasi experimental desain dan menggunakan teknik cluster random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Total keseluruhan populasi adalah sebanyak 150 siswa. Kelas yang terpilih menjadi sampel adalah X.MS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa, dan kelas X.MS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Jadi total sampel adalah sebanyak 60 siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan test yaitu pre-test dan post-test dengan soal benar atau salah dan soal pilihan ganda. Dalam pengolahan data yang tidak terdistribusi normal, peneliti menggunakan Mann-Whitney U test. Hasil analisa data menunjukkan adanya perbedaan signifikan terhadap kemampuan pemahaman mendengar siswa pada teks deskriptif yang diajarkan dan tidak diajarkan dengan menggunakan video YouTube sebagai media, dimana Sig (2-tailed) memiliki nilai nilai 0.001 lebih rendah dari 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, adanya pengaruh positif yang jelas dari penggunaan video youtube sebagai media terhadap kemampuan mendengarkan siswa kelas sepuluh Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Provinsi Riau, dengan hasil effect size 0.513. Hal ini berarti, penggunaan YouTube sebagai salah satu media dalam pembelajaran Bahasa Inggris berdampak positif dan meningkatkan kemampuan pemahaman mendengar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:55
Last Modified: 07 Jul 2023 01:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72502

Actions (login required)

View Item View Item