Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab siswa Kelas VIII Dengan Strategi Afektif Model Konsiderasi Di Madrasah Tsanawiyah Al Muttaqin Panam Pekanbaru .

Ismail, (2011) Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab siswa Kelas VIII Dengan Strategi Afektif Model Konsiderasi Di Madrasah Tsanawiyah Al Muttaqin Panam Pekanbaru . Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201149.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar bahasa Arab siswa. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pembelajaran strategi afektif dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Al Muttaqin Panam Pekanbaru . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Al Muttaqin Panam Pekanbaru Pekanbaru yang berjumlah 31 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi afektif dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Al Muttaqin Panam Pekanbaru. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan Juli sampai dengan Agustus 2010. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik, maka peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan pembelajaran strategi afektif, diketahui dari adanya peningkatan motivasi belajar bahasa Arab siswa pada setiap siklus baik pada siklus I, II dan III. Pada siklus I motivasi belajar bahasa Arab siswa adalah 58,4 % dengan kategori “ cukup ” karena berada pada interval 56-75 %. Pada siklus II motivasi belajar bahasa Arab siswa meningkat dengan persentase 79,06 % dengan kategori “ tinggi ” karena berada pada interval 76-100%. Setelah diadakan perbaikan proses pembelajaran pada siklus III, motivasi belajar bahasa Arab siswa meningkat dengan persentase 91,48 % dengan kategori “ tinggi ” berada pada interval 76-100 %. Hal ini menunjukkan bahwa perbaikan proses pembelajaran bahasa Arab melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item