Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PEMERINTAH DESA KOTA BANGUN DALAM PENGELOLAAN PASAR RABUAN SIMPANG DUA BERDASARKAN PERDA KAMPAR NOMOR 3 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN PASAR DESA MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

Ananda Pradana Berutu, Ananda (2023) PERAN PEMERINTAH DESA KOTA BANGUN DALAM PENGELOLAAN PASAR RABUAN SIMPANG DUA BERDASARKAN PERDA KAMPAR NOMOR 3 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN PASAR DESA MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengelolaan pasar yang di kelola oleh pemerintah desa yang kurang optimal seperti: pedagang dan masyarakat yang memarkirkan kendaraan di pinggir jalan, pembangunan infrastruktur yang belum ada IMB dan pembangunan toilet umum serta penyediaan air bersih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pemerintah desa dalam mengelola pasar, apa faktor penghambat pengelolaan pasar desa,dan bagaimana pengelolaan pasar desa dalam perspektif fiqih siyasah. Penelitian ini bersifat kualitatif yang berlokasi di Pasar Rabuan Simpang Dua Desa Kota Bangun Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Kemudian dianalisa menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, ketua BUMDes, dan pengelola pasar Rabuan. Sampel ialah keseluruhan populasi. Hasil penelitian diketahui bahwa peran pemerintah desa dalam pengelolaan pasar desa sudah sesuai, seperti penyediaan lahan parkir, pembangunan infarastruktur kios-kios, semenisasi jalan tapak di pasar Rabuan, tetapi masih ada kekurangan dalam pengelola pasar seperti masalah pedagang masih tidak teratur dalam memanfaatkan lahan dagangan yang telah ditempati, tidak adanya toilet umum yang ada di pasar Rabuan serta kurang optimalnya penyaluran air bersih di area pasar Rabuan tersebut. Faktor penghambat dalam pengelolaan pasar Rabuan yaitu kuangnya ketegasan dalam membuat kebijakan yang dilakukan pemerintah desa dalam mengelola pasar dan kurangnya interaksi yang terjalin anatara pengelola pasar dengan pedagang pasar. Perspektif fiqih siyasah tentang peran pemerintah desa dalam pengelolaan pasar Rabuan sesuai dengan prinsip al-Hisbah sebagaimana lembagaa yang mengelola dan mengawasi pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemerintah Desa, Pengelolaan Pasar, Fiqih Siyasah
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:02
Last Modified: 07 Jul 2023 07:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72491

Actions (login required)

View Item View Item