Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI O36 KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

RISKY JUITA P, - (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI O36 KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Risky Juita. P, (2023): Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SD Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama siswa pada tema Praja Muda Karana di kelas III SD Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Kerja Sama siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah metode Role Playing dan kerja sama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa metode role playing dapat meningkatkan kerja sama siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan diperoleh rata-rata kerja sama siswa hanya mencapai 51,87 atau berada pada kategori cukup. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, rata-rata kerja sama siswa meningkat menjadi 58,33 atau berada pada kategori cukup. Kemudian pada siklus II rata-rata kerja sama siswa terjadi peningkatan menjadi 72,1 atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode role playing dapat meningkatkan kerja sama siswa pada tema praja muda karana muatan pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SD Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Metode Role Playing, Kerja Sama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:17
Last Modified: 06 Jul 2023 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72480

Actions (login required)

View Item View Item