Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN BERBASIS LIFE SKILL MELALUI PROGRAM PKK (PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA) DI DESA BANJAR PANJANG KECAMATAN KERUMUTAN KABUPATEN PELALAWAN

Aulia Septiayani, - (2023) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN BERBASIS LIFE SKILL MELALUI PROGRAM PKK (PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA) DI DESA BANJAR PANJANG KECAMATAN KERUMUTAN KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
REPOSIOTY AULIA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemberdayaan kesejahteraan keluarga dalam membantu peningkatan pendapatan keluarga, PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) menjadi wadah untuk pemberdayaan perempuan berbasis life skill. Terlihat dari survei awal yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa masih banyak warga desa Banjar Panjang yang kurang mampu dan tidak berdaya. Selaras dengan hal ini PKK melakukan kegiatan life skill. Dari itu peneliti ingin mengetahui bagaimana tahapan pemberdayaan perempuan berbasis life skill melalui program PKK di Desa Banjar Panjang Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan perempuan berbasis Life Skill Melalui Program PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) di Desa Banjar Panjang Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan. Teori yang digunakan yaitu teori pemberdayaan dari Ayub M. Padangaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif kualitatif, dengan jumlah informan 4 orang. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan, untuk mengukur keabsahan data dilakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemberdayaan perempuan berbasis life skill yang dilakukan adalah dengan sosialisasi kepada ibu rumah tangga, pelatihan dan pembinaan, pemasaran produk, memberi kesempatan perempuan mengolah keterampilan serta menjaga keberlangsungan usaha. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya perempuan yang berdaya serta memiliki life skill.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:59
Last Modified: 06 Jul 2023 04:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72478

Actions (login required)

View Item View Item