Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PERPAJAKAN RIAU PADA MATERI PROGRAM LINEAR

NURUL UTAMI, - (2023) ANALISI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PERPAJAKAN RIAU PADA MATERI PROGRAM LINEAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL UTAMI.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Utami, (2023) : Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMK Perpajakan Riau pada Materi Program Linear. Tujuan pada penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM) peserta didik ditinjau dari motivasi belajar yang berfokus pada materi Program Linear. Jenis penelitian ini ialah analisis deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini ialah peserta didik kelas XI OTKP dan XI AKL SMK Perpajakan Riau. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling. Adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes pemecahan masalah pada materi program linear berupa 5 soal bentuk uraian, angket motivasi belajar, dan pedoman wawancara. Seluruh data dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata KPMM peserta didik mesih tegolong rendah pada materi program linear dengan rata-rata 5,64. Peserta didik dengan motivasi belajar tinggi memiliki skor rata-rata KPMM program linear yang tinggi pada tahap memahami masalah, merencanakan strategi dan melaksanakan strategi. Peserta didik dengan motivasi belajar sedang memiliki skor rata-rata KPMM program linear yang rendah pada tahap memahami masalah dan melaksanakan startegi, serta peserta didik dengan motivasi belajar rendah memiliki skor rata-rata KPMM program linear yang sedang pada tahap merencanakan strategi, namun memiliki kemampuan yang paling tinggi dalam memahami masalah. Secara keseluruhan peserta didik juga masih kurang pada tahap memeriksa kembali jawabannya, karena masih belum mengetahui cara yang tepat untuk hal tersebut. Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM), Motivasi Belajar, Kualitatif, Deskriptif, Program Linear

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:31
Last Modified: 06 Jul 2023 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72473

Actions (login required)

View Item View Item