PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA TRANSAKSI ELEKTRONIK MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI RT 02/RW 05 KELURAHAN TUAH KARYA KEC. TAMPAN PEKANBARU

MHD Dedi Hcomaludin Jamil, (2014) PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA TRANSAKSI ELEKTRONIK MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI RT 02/RW 05 KELURAHAN TUAH KARYA KEC. TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan transaksi elektronik jika terjadi kerugian terhadap konsumen yang melakukan transaksi elektronik, konsumen berhak mendapatkan penggantirugian dari pelaku usaha sebagaimanadiatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, namun kenyataannya konsumen sulit dan bahkan tidak mendapatkan ganti rugi dari pelaku usaha dikala adanya kerugian yang dialami konsumen dalam pembelian barang melalui transaksi elektronik pada toko online di RT 02/RW 05 Kelurahan Tuah Karya Kec.Tampan Pekanbaru. Dari latar belakang tersebut dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut, yaitu: Bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen, dan apa faktor penghambatpada transaksi elektronik menurut Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen di RT 02/RW 05 Kelurahan Tuah Karya Kec. TampanPekanbaru? Adapun tujuan dan manfaat penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana perlindungan konsumen, dan faktor penghambat pada transaksi elektronik menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen di RT 02/RW 05 Kelurahan Tuah Karya Kec. TampanPekanbaru, Penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis, populasinya adalah BPSK 1 orang, Customer Service 2 orang dan konsumen yang melakukan transaksi elektronik 172 orang ,sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 43 orang, dengan menggunakan metode purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu, data primer, data sekunder. Alat pengumpul data observasi, Angket, wawancara, dan kajian pustaka. Analisis yang dilakukan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan pendekatan efektifitas hukum. Hasil Penelitian ini ialah, Kegiatan transaksi elektronik di RT 02/RW 05 Kelurahan Tuah Karya Kec. Tampan Pekanbaru pada Toko online belum baik dalam memberikan perlindungan kepada konsumen karena sulitnya mengembalikan barang yang telah terbeli. konsumen di sini merasa dirugikan dan bahkan tidak mendapatkan penggantirugian dari pelaku usaha. hak untuk mendapatkan informasi yang jelas tidak dilaksanakan dengan baik sehingga bertentangan dengan peraturan hak-hak dalam pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen,. Faktor Penghambat dalam perlindungan konsumen ialahkurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat khususnya mengenai hukum perlindungan konsumen,jarak konsumen dengan pelaku usaha yang jauh, tidak adanya kantor perwakilan toko online zalora di kota pekanbaru,Konsumen tidak memperhatikan serta memahami ketentuan-ketentuan yang ada pada website atau toko online,pihak ekspedisi (pengirim) tidak dari pihak penjual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 13 Sep 2016 07:32
Last Modified: 13 Sep 2016 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7242

Actions (login required)

View Item View Item