Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI TOKE SAWIT DALAM MENDAPATKAN PELANGGAN DITINJAU DARI FIKIH MUAMALAH DIDESA REJOSARI TANJUNG MEDAN UTARA KECAMATAN TANJUNG MEDANKABUPATEN ROKAN HILIR

SYARIF HIDAYATULLAH SIREGAR, - (2023) STRATEGI TOKE SAWIT DALAM MENDAPATKAN PELANGGAN DITINJAU DARI FIKIH MUAMALAH DIDESA REJOSARI TANJUNG MEDAN UTARA KECAMATAN TANJUNG MEDANKABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYARIF HIDAYATULLAH SIREGAR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SYARIF HIDYATULLAH SIREGAR (2023) : Strategi Toke Sawit Dalam Mendapatkan Pelanggan Ditijau Dari Fikih muamalah di Desa Rejosri Tanjung Medan Utara Kecamatan Tanjung Medan Kabupaten Rokn Hilir Setiap manusia pasti mencari nafkah dalam memenuhi kebutuhan dirinya dan keluarganya, dan tentunya dalam hal rezeki atau pendapat setiap manusia berbeda-beda ada yang cukup dan ada yang tidak cukup untuk kebutuhan hidupnya sehari-hari. jual beli adalah tukar menukar harta atau barang dengan cara tertentu atau tukar menukar yang di senangi dengan barang yang setara nilai dan manfaatnya nilainya setara dan membawa manfaat bagi masing-masing pihak.contohnya adalah transaksi jual beli antara toke dan petani sawit. Penelitian ini berpokus pada bagaimana strategi toke sawit membeli buah sawit petani, dan tujua penelitian adalah 1) mengetahuai stategi toke sawit 2) bagaimana tinjauan fikih terhadap starategi toke sawit. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Rejosari Tanjung Medan utara Kecamatan Tanjung Medan Kabupaten Rokan Hiir. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi toke sawit dalam menddapatkan pelanggan dan tinjauaan fikih terhadap strategi toke tersebut. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dilakukan dalam kehidupan yang sebenarnya menyangkut data yang ada dilapangan, dan sample yang dijadikan responden dalam penelitian ini sebanyak 33 orang dari 392 KK dengan teknik random sampling. Sumber data ini diperoleh langsung daari lapangan dengan menggunakan metode observasi, angket dan wawancara. Sedangkan metode analisa yang digunakan adalah metode deskriptih kualitatif mengungkapkan fakta apa adanya sesuai dengan kenyataan yang diamati, yang ada kaitannya dengan masalah yang dibahas sehingga dapat diambil kesimpulan secara tepat sesuai dengan pokok permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi Toke Sawit Dalam Mendapatkan Pelanggan Didesa Rejosari Tanjung Medan Utara Kecamatan tanjung Medan Kabupaten Rokan Hilir masih banyak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah terutama dalam strategi transaksi jual-beli sawit tersebut. bahwa masih banyak toke sawit yang memberikan tekanan harga, menakar timbangan, pemotongan harga terhadap petani sawit yang meminjam uang atau petani yang berhutang dan paksaan menjual hasil panen sawit petani kepada toke sebab adanya utang atau pinjaman, karena ingin mendapatkan keuntungan yang lebih banyak sehingga tujuan syariat Islam tersebut belum sempurna tercapai. ada strategi yang sesuai dengan fiqih muamalah dan ada juga yang tidk sesuai dengan fiqih mumalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:57
Last Modified: 05 Jul 2023 07:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72405

Actions (login required)

View Item View Item