Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA MTSN 1 PEKANBARU KELAS VII PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

HARTICA PUTRI ARDANA, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA MTSN 1 PEKANBARU KELAS VII PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_HARTICA PUTRI ARDANA.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hartica Putri Ardana (2023): Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran IPA di MTsN 1 Pekanbaru, guru masih berfokus pada model pembelajaran langsung sehingga siswa cenderung bosan dan komunikasi hanya terjadi satu arah. Hal ini menyebabkan pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang berkemampuan tinggi, sedangkan siswa yang berkemampuan rendah cenderung pasif, dan siswa kurang dibekali dalam memecahkan suatu persoalan sehingga keterampilan argumentasi peserta didik masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Chips untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa MTsN 1 Pekanbaru Pada Materi Perubahan iklim. Metode penelitian menggunakan Quasi Experiment Design yaitu melibatkan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTsN 1 Pekabaru. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sample dalam penelitian ini yaitu kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen menggunakan mode Talking chips dan kelas VII.6 sebagai kelas control, menggunakan model pembelajaran Konvensional. Data dikumpulkan melalui soal tes essai berdasarkan indikator Toulmin yang sudah divalidasi oleh validator. Data test dianalisis menggunakan uji t test. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 21 menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < signifikansi alpha 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat peningkatan terhadap Argumentasi melalui penerapan model Kooperatif tipe Talking Chips. Kata Kunci: Model Kooperatif Talking Chips, Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa, Perubahan Iklim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:11
Last Modified: 05 Jul 2023 07:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72390

Actions (login required)

View Item View Item