Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENOLAKAN NUSYUZ DALAM PUTUSAN HAKIM PENGADILAN AGAMA TANJUNG BALAI KARIMUN NOMOR 45/Pdt.G/2022/PA.Tbk PERSPEKTIF MASLAHAH

AIMAN WAHYUDEN, - (2023) PENOLAKAN NUSYUZ DALAM PUTUSAN HAKIM PENGADILAN AGAMA TANJUNG BALAI KARIMUN NOMOR 45/Pdt.G/2022/PA.Tbk PERSPEKTIF MASLAHAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AIMAN WAHYUDEN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aiman Wahyuden, (2023): Penolakan Nusyuz Dalam Putusan Hakim Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun Nomor 45/Pdt.G/2022/Pa.Tbk Perspektif Maslahah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peristiwa di Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun yaitu mengenai putusan hakim pada kasus cerai telak, dimana pada permohonan yang diajukan oleh pemohon menunjukan bahwa perlakuan istri mengarah pada nusyuz, namun pada saat putusan akhir hakim tidak menjatuhi atau tidak mengkategorikan istri tersebut nusyuz. Dimana dalam hal ini ternyata hakim mempunyai banyak pertimbangan lainnya, sehingga tidak menjatuhkan istrinya nusyuz. penelitian ini akan fokus pada kajian, bagaimana nusyuz pada putusan hakim dalam prespektif maslahah. Dengan rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimana pertimbangan hakim tidak menetapkan nusyuz istri pada putusan nomor 45/Pdt.G/2022/PA.Tbk?, (2) Bagaimana nusyuz menurut hakim dalam putusan nomor 45/Pdt.G/2022/PA.Tbk?, dan (3) Bagaimana tinjauan maslahah terhadap putusan hakim nomor 45/Pdt.G/2022/PA.Tbk?. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana pertimbangan hakim, nusyuz menurut hakim serta tinjauan maslahah dalam putusan nomor 45/Pdt.G/2022/PA.Tbk. Penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder yang terbagai dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi dengan analisis data yang bersifat deskriptif analitis. Adapun hasil penelitian ini adalah hakim mempunyai banyak pertimbangan dalam mengabulkan permohonan cerai talak tersebut dan tidak menjatuhkan istri nusyuz, dikarenakan sebab akibat dari perlakuan pemohon. Dalam putusan tersebut hakim mengabulkan permohonan cerai talak dan tidak menjatuhkan istri nusyuz, sesuai dengan maslahah. Kata Kunci: Nusyuz, Hakim, Maslahah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:39
Last Modified: 05 Jul 2023 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72382

Actions (login required)

View Item View Item