Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MANUAL MTERIAL HANDLING (MMH) PADA POSTUR TUBUH PEKERJA DI UKM RIAU JAYA PAVING MENGGUNAKAN ANALISA RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA)

Dony Aprinato, - (2023) ANALISIS MANUAL MTERIAL HANDLING (MMH) PADA POSTUR TUBUH PEKERJA DI UKM RIAU JAYA PAVING MENGGUNAKAN ANALISA RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA). Jurnal Perangkat Lunak, 5 (1). pp. 42-46. ISSN E-ISSN:2685-2594

[img]
Preview
Text
Dony Aprianto Repository.pdf

Download (663kB) | Preview

Abstract

Postur tubuh pekerja tidak ergonomis sehingga menyebabkan potensi gangguan musculoskeletal pada pekerja dapat terjadinya kecelakaan kerja akibat postur tubuh yang tidak baik dan benar atau tidak sesuai. Tujuan penilitian ini adalah Tujuan penelitian ini untuk menganalisis postur tubuh pekerja di lantai produksi di UKM Riau Jaya Paving dengan analisa Rapid Entire Body Assessment (REBA) sehingga dapat dilakukan usulan perbaikan sistem kerja yang ergonomis dengan mengubah cara bekerja pekerja memperbaiki posisi saat melakukan proses produksi. Untuk dapat mengetahui gangguan musculoskeletal pada postur tubuh maka digunakan suatu metode yaitu metode Rapid Entire Body Assessment (REBA). Adalah suatu metode yang dikembangakan secara cepat dan mudah dalam meneliti posturtubuh secara keseluruhan, dengan memberikan level atau nilai resiko pada muskoloskeletal. Penelitian ini sebatas memberikan usulan perbaikan sitem kerja yang ergomonomis kepada objek penliltian.

Item Type: Article
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:09
Last Modified: 04 Jul 2023 06:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72349

Actions (login required)

View Item View Item