Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA MENURUT UU NO 6 TAHUN 2014 PASAL 26 DALAM PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYYAH (Studi Di Desa Ujung Batu Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah )

NURCAHAYA SIMANULLANG, - (2023) PERANAN KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA MENURUT UU NO 6 TAHUN 2014 PASAL 26 DALAM PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYYAH (Studi Di Desa Ujung Batu Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURCAHAYA SIMANULLANG.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurcahaya Simanullang (2023): Peranan Kepala Desa dalam Pembangunan Sarana dan Prasarana Menurut UU No 6 Tahun 2014 Pasal 26 Dalam Perspektif Siyasah Dusturiyyah Studi di Desa Ujung Batu Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Tugas seorang kepala Desa sebagai kepala pemerintahan Desa harus dapat menjalankan tugas pokoknya sebagai pemimpin dan mengkoordinasikan pemerintahan Desa dalam melaksanakan pembangunan desa. Kepemipinan kepala Desa juga merupakan salah satu aspek yang menonjol dan berpengaruh terhadap keberhasilan pembangunan desa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran kepala desa dalam pembangunan sarana dan prasarana di Desa Ujung Batu Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah, faktor pendukung dan penghambat dan Bagaimana analisis fiqih siyasah terhadap pembangunan dan tugas kepala desa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer, data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang Peranan Kepala Desa Dalam Pembangunan Sarana Dan Prasarana Menurut UU No 6 Tahun 2014 Dalam Persfektif Siyasah Dusturiyyah (Studi Di Desa Ujung Batu Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah). Maka penulis menyimpulkan beberapa hal diantaranya: pelaksanaan pembangunan di desa belum terlaksana dengan semestinya landasan kepala desa dalam menjalankan tugas dan wewenangnya kepala pemerintahan Desa sebagaimana dalam Pasal 26 ayat 1 Yang mana didalam pasal tersebut dijelaskan bahwa pembangunan desa adalah upaya peningkatan kualitas hidup untuk sebesarbesarnya kesejahteraan masyarakat desa. Jadi tugas kepala desa di desa Ujung Batu belum berjalan sesuai dengan Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa . Saran yang Diharapkan kepada pemerintah Desa Ujung Batu agar tetap berperan dalam meningkatkan partisipasi dalam hal pembangunan karena kurangnya partisipasi masyarakat, maka pembangunan di desa Ujung Batu pun tidak dijalankan atau terhambat pembangunan nya, khususnya meningkatkan pembangunan infrastruktur yang semakin baik sampai akhir periode masa jabatannya. Kata Kunci : Peranan Kepala Desa, Pembangunan, Siyasah Dusturiyyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:47
Last Modified: 04 Jul 2023 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72345

Actions (login required)

View Item View Item