Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU KOMUNIKASI TOXIC FRIENDSHIP SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KAMPAR (STUDI KASUS DI SMAN 1 KAMPAR)

MUZDA ZIKROTUL IZZAH, - (2023) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU KOMUNIKASI TOXIC FRIENDSHIP SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KAMPAR (STUDI KASUS DI SMAN 1 KAMPAR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV MUZDA ZIKROTUL IZZAH.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV MUZDA ZIKROTUL IZZAH.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)

Abstract

ABSTRAK Muzda Zikrotul Izzah 2023 : Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Komunikasi Toxic Friendship Siswa di Sekolah Menengah Atas Kampar (Studi Kasus di SMAN 1 Kampar) . Tujuan Penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui peran guru BK dalam mengatasi perilaku komunikasi toxic friendship siswa di sekolah menengah atas Kampar (Studi Kasus di SMAN 1 Kampar). 2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat guru BK dalam melaksanakan perannya di sekolah menengah atas kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Kampar. Partisipan penelitian adalah 3 orang guru BK dan 5 orang siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) peran guru BK dalam mengatasi perilaku komunikasi toxic friendship siswa yang dapat dilihat dari pelaksanaan layanan BK, yang dilakukan dengan cara melakukan pengamatan pada siswa, memberikan layanan BK antara konseling individual dan konseling kelompok, dan mengevaluasi hasil pemberian layanan. 2) faktor pendukung yang membantu guru BK dalam mengatasi perilaku komunikasi toxic friendship tersebut adalah sarana dan prasaran seperti ruang konseling yang nyaman dan privasi serta kemampuan komunikasi yang efektif dari guru BK dan kolaborasi dengan sesama tenaga pendidik. 3) faktor penghambat guru BK adalah kurannya pemahaman siswa tentang perilaku komunikasi toxic friendship dan dampaknya serta kurangnya dukungan dari orangtua siswa, dan ketidak beranian siswa untuk berkonsultasi dengan guru BK. Kata Kunci : Peran Guru BK dan Perilaku Komunikasi Toxic Friendship.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:58
Last Modified: 05 Jul 2023 07:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72335

Actions (login required)

View Item View Item