Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERMEN PAN DAN RB NO 90 TAHUN 2021 TENTANG ZONA INTEGRITAS PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (STUDI KASUS DI KANTOR IMIGRASI KELAS II SELATPANJANG)

Nala Ulfa Khairunnisak, Nala (2023) IMPLEMENTASI PERMEN PAN DAN RB NO 90 TAHUN 2021 TENTANG ZONA INTEGRITAS PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (STUDI KASUS DI KANTOR IMIGRASI KELAS II SELATPANJANG). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pencanangan pembangunan Zona Integritas di kantor Imigrasi Selatpanjang yang bertujuan untuk menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani berdasarkan Peraturan Menteri PAN dan RB NO 90 Tahun 2021. Melalui Surat Keputusan Kepala Kantor Nomor W4.IMI.6KP.04.01.0136, pada tanggal 27 Januari 2020 Kantor Imigrasi Kelas II Selatpanjang berkomitmen membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani serta membentuk tim kerja pembangunaan Zona Integritas di Kantor Imigrasi Kelas II Selatpanjang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Peraturan Menteri PAN dan RB NO 90 Tahun 2021 tentang Zona Integritas di Kantor Imigrasi Kelas II Selatpanjang, apa faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Peraturan Menteri PAN dan RB NO 90 Tahun 2021 di Kantor Imigrasi Kelas II Selatpanjang dan perspektif fiqih siyasah terhadap implementasi Peraturan Menteri PAN dan RB NO 90 Tahun 2021 di Kantor Imigrasi Kelas II Selatpanjang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di kantor Imigrasi kelas II Selatpanjang. Subjek penelitian ini adalah ketua tim pembangunan Zona Integritas, tim kerja pembangunan Zona Integritas, pegawai kantor Imigrasi Selatpanjang dan masyarakat pengguna layanan. Sumber data yang di gunakan adalah data primer berupa hasil observasi, wawancara dan data sekunder berupa jurnal hukum, artikel hukum. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, studi kepustakaan dan dokumentasi. Selanjutnya data diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sehingga menghasilkan penelitian ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi Peraturan Menteri PAN dan RB NO 90 Tahun 2021 tentang Zona Integritas di Kantor Imigrasi Kelas II Selatpanjang belum optimal. Komponen hasil dari pembangunan Zona Integritas belum tercapai. Karena dalam prakteknya di lapangan masih ada faktor penghambat seperti kurangnya pemahaman dari masyarakat terkait Zona Integritas. Menurut perspektif fiqih siyasah pelaksanaanya belum optimal. Karena di lapangan masih ditemukan kurangnya pemahaman dari masyarakat terkait implementasi Zona Integritas, sehingga masyarakat belum merasakan pelayanan yang optimal sesuai fiqih siyasah, dan belum sesuai dengan ajaran Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Zona Integritas, Kantor Imigrasi, Pelayanan publik, Fiqih siyasah
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:45
Last Modified: 04 Jul 2023 04:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72321

Actions (login required)

View Item View Item