Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN TEPUNG TEMULAWAK (Curcuma xanthorhiza L.) DAN KUNYIT (Curcuma domestica) DALAM RANSUM TERHADAP ORGAN PENCERNAAN BROILER

LUCKY ANDIKA, - (2023) PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN TEPUNG TEMULAWAK (Curcuma xanthorhiza L.) DAN KUNYIT (Curcuma domestica) DALAM RANSUM TERHADAP ORGAN PENCERNAAN BROILER. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN TEPUNG TEMULAWAK (Curcuma xanthorhiza L.) DAN KUNYIT (Curcuma domestica) DALAM RANSUM TERHADAP ORGAN PENCERNAAN BROILER Lucky Andika (11681102991) Di bawah bimbingan Evi Irawati dan Elfawati INTISARI Temulawak mengandung zat aktif xanthorrhizol yang dapat menghambat pertumbuhan jamur sedangkan kunyit mengandung zat aktif kurkumin yang dapat berfungsi sebagai antibakteri. Produktivitas ayam ras pedaging ditentukan oleh kualitas pakan yang dikonsumsi, bahan-bahan yang ditambahkan dalam pakan seperti temulawak dan kunyit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian campuran tepung temulawak dan kunyit (CTTK) terhadap bobot proventrikulus, bobot ventrikulus dan panjang usus halus ayam broiler. Penelitian ini menggunakan 80 ekor ayam ras pedaging yang dipelihara selama 5 minggu dengan pakan komersil Bravo, temulawak dan kunyit. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yakni P0 = Ransum komersil + 0% CTTK, P1 = Ransum komersil + 0,5% CTTK, P2 = Ransum komersi + 1% CTTK dan P3 = Ransum komersil + 1,5% CTTK dan 5 ulangan. Parameter yang diteliti adalah bobot proventrikulus, bobot ventrikulus dan panjang usus halus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian campuran tepung temulawak dan kunyit sampai 1,5% pada pakan ayam ras pedaging tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap bobot proventrikulus, bobot ventrikulus dan panjang usus halus ayam broiler. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian campuran tepung temulawak dan kunyit sampai level 1,5% tidak meningkatkan bobot proventrikulus, bobot ventrikulus dan panjang usus halus ayam broiler. Kata kunci: ayam broiler, temulawak, kunyit, organ pencernaan, proventrikulus, ventrikulus dan usus halus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 04 Jul 2023 05:03
Last Modified: 04 Jul 2023 05:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72316

Actions (login required)

View Item View Item