Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH TRANSFER PRICING, SALES GROWTH, POLITICAL CONNECTION, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Tahun 2019 – 2021)

YUDELA AULIA RAHMI, - (2023) PENGARUH TRANSFER PRICING, SALES GROWTH, POLITICAL CONNECTION, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Tahun 2019 – 2021). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH TRANSFER PRICING, SALES GROWTH, POLITICAL CONNECTION, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Tahun 2019 – 2021) OLEH: YUDELA AULIA RAHMI NIM: 11970323106 Perusahaan merupakan salah satu wajib pajak yang memberikan kontribusi terbesar dalam penerimaan pajak negara, namun tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan melakukan tax avoidance untuk meminimalisir pengeluaran pembayaran pajak guna menambah pendapatan sedangkan pemerintah berharap mendapatkan penghasilan dari pajak semaksimal mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transfer pricing, sales growth, political connection, dan kepemilikan institusional terhadap tax avoidance secara parsial pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2019-2021. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang digunakan untuk meneliti populasi dan sampel yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel penelitian ini berjumlah 10 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2019-2021. Metode analisis data dilakukan dengan analisis regresi data panel dengan Eviews 12. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Hasil analisis regresi data panel menunjukkan bahwa secara parsial variabel transfer pricing dan sales growth berpengaruh terhadap tax avoidance. Sedangkan variabel political connection dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Hasil uji R2 menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas berkontribusi terhadap variabel terikat sebanyak 89,04% sedangkan sisanya sebesar 10,96% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci : Transfer Pricing, Sales Growth, Political Connection, Kepemilikan Institusional, dan Tax Avoidance.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:12
Last Modified: 04 Jul 2023 04:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72308

Actions (login required)

View Item View Item