Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING GUNA MENINGKATKAN LABA USAHA (Studi Kasus Pada UKM Kerupuk Cita Rasa Sidomulyo Barat Pekanbaru)

RAHAYU MULYANI, - (2023) ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING GUNA MENINGKATKAN LABA USAHA (Studi Kasus Pada UKM Kerupuk Cita Rasa Sidomulyo Barat Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHAYU MULYANI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK “ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING GUNA MENINGKATKAN LABA USAHA (Studi Kasus Pada UKM Kerupuk Cita Rasa Sidomulyo Barat Pekanbaru)” OLEH: RAHAYU MULYANI NIM: 11870323979 UKM Kerupuk Cita Rasa adalah suatu industry yang bergerak dibidang produksi berupa kerupuk Palembang dan kerupuk nasi. Dalam memproduksi UKM Kerupuk Cita Rasa memiliki banyak aktivitas tetapi dalam menghitung harga pokok produksinya masih menggunakan metode tradisional, sehingga mengindikasikan ketidakakuratan dan tidak tepatnya perhitungan karena banyaknya aktivitas. Pada UKM Kerupuk Cita Rasa selama 5 tahun terjadi penurunan penjualan, sehingga mengakibatkan kurangnya laba dan penurunan jumlah produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan akuntansi biaya tradisional dalam menentukan harga pokok produksi, mengetahui perhitungan Activity Based Costing (ABC) dalam menentukan harga pokok produksi, serta memberikan masukan kepada manajemen perusahaan tentang adanya perbedaan perhitungan biaya produk dengan menggunakan akuntansi biaya tradisional dengan metode Activity Based Costing (ABC) dalam meningkatkan laba usaha pada UKM Kerupuk Cita Rasa Sidomulyo Barat Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif yang mengambil lokasi penelitian di UKM Kerupuk Cita Rasa yang terletak di jalan Muhajirin, Kecamatan Sidomulyo Barat, Pekanbaru. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadi perbedaan perhitungan dan perbandingan antara sistem akuntansi biaya tradisional dengan Activity Based Costing (ABC) pada produk kerupuk palembang dan kerupuk nasi. Hasil menunjukkan harga pokok produksi Activity Based Costing (ABC) lebih rendah dibandingkan sistem akuntansi biaya tradisional dengan selisih Rp 2 untuk kerupuk palembang dan Rp 3 untuk kerupuk nasi. Hal ini berdampak pada laba yang akan di dapat oleh pemilik usaha. Laba yang didapat dengan metode tradisional sebesar Rp 12.429.900 sedangkan dengan menggunakan metode Activity Based Costing (ABC) sebesar Rp 12.879.900. sehingga dengan menggunakan metode Activity Based Costing (ABC) dapat meningkatkan laba usaha pada UKM Kerupuk Cita Rasa Sidomulyo Barat Pekanbaru. Kata Kunci: Harga Pokok Produksi, Activity Based Costing, laba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:25
Last Modified: 04 Jul 2023 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72307

Actions (login required)

View Item View Item