Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM REKOMENDASI PEMINATAN SISWA KELAS 12 SMA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA)

Syah Maulana Ramadhan, - (2023) SISTEM REKOMENDASI PEMINATAN SISWA KELAS 12 SMA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Tanpa Bab 4 TA - Syah Maulana Ramadhan (11850110474).pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4 TA - Syah Maulana Ramadhan (11850110474).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pemilihan jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan siswa merupakan hal penting. Kesalahan dalam pemilihan jurusan dapat berakibat siswa sulit mendapatkan hasil maksimal, lama menyelesaikan studi dan terkadang bisa menyebabkan dropout. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah sistem yang dapat membantu siswa dalam memilih minat yang diinginkan sehingga tidak terjadinya kesalahan dalam memilih jurusan. Ada 5 jenis peminatan yang akan menjadi hasil dari yang diinginkan ialah sains, mekanik, seni, computational, natural. Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut dibangunlah sistem rekomendasi peminatan siswa kelas 12 SMA menggunakan metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA) yang terdiri dari 5 jenis peminatan dan dibantu oleh nilai kognitif siswa dari semester 1 sampai dengan semester 5. Berdasarkan pengujian UAT siswa terhadap 15 responden, mendapatkan hasil 96,53% dengan kategori sangat bagus dan Berdasarkan pengujian UAT guru bk terhadap 1 responden, mendapatkan hasil 95% dengan kategori sangat bagus. Kata kunci : Minat Siswa, Moora, Rekomendasi peminatan, Sistem informasi, Sistem pendukung keputusan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:23
Last Modified: 11 Jul 2023 06:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72302

Actions (login required)

View Item View Item