Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN KURIKULUM PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL PONDOK PESANTREN DI KABUPATEN KAMPAR

Asynul Zumarti, - (2023) PENERAPAN KURIKULUM PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL PONDOK PESANTREN DI KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
8 Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img]
Preview
Text (GABUNGAN TANPA BAB IV)
gabungan tanpa bab 4 asynul.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gejala akan rendahnya ekpektasi orang tua untuk belajar pada program Pendidikan Diniyah Formal di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar. Selain itu juga dari aspek pelaksanaan kurikulum, beberapa penyelenggara Pendidikan Diniyah Formal di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar, tidak memiliki dokumen pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian bermaksud menjawab persoalan bagaimana penerapan kurikulum Pendidikan Diniyah Formal di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar? dan faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaannya? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Obyek penelitiannya adalah berupa obyek di lapangan, yaitu Pondok Pesantren di Kabupaten Kampar yang menyelenggarakan program Pendidikan Diniyah Formal. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan, dan dokumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dianalisis dengan menelaah data, menata data, membagi menjadi satuan-satuan yang dapat dikelola, mensintesis untuk mencari pola, menemukan apa yang bermakna dari yang diteliti dan melaporkan secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, secara umum Pondok Pesantren Kabupaten Kampar yang menjalankan program Pendidikan Diniyah Formal, pada umumnya sudah menerapkan kurikulum PDF sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Kementrian Agama RI, yaitu melakukan proses pembelajaran sesuai dengan struktur kurikulum dalam kurikulum PDF. Kedua, factor atau variable yang mempengaruhi pelaksanaan Pondok Pesantren Kabupaten Kampar yang menjalankan program Pendidikan Diniyah Formal adalah (1). Faktor Sumber Daya Manusia; (2). Faktor finansial atau sumber dana; (3). Faktor sarana dan prasarana; dan (4). tantangan global, kurangnya pemahaman masyarakat akan eksistensi PDF, dan motivasi santri yang rendah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 03 Jul 2023 05:18
Last Modified: 03 Jul 2023 05:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72272

Actions (login required)

View Item View Item