Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP TAUHID ISMA’IL RAJI AL-FARUQI (1921-1986 M) DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN KELUARGA

MIFTAH SYARIF, - (2023) KONSEP TAUHID ISMA’IL RAJI AL-FARUQI (1921-1986 M) DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN KELUARGA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DISERTASI MIFTAH SYARIF.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Miftah Syarif (2023) : Konsep Tauhid Isma’il Raji Al-Faruqi (1921-1986 M) dan Implikasinya dalam Pendidikan Keluarga. Kajian penelitian disertasi ini meneliti pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi berkaitan dengan konsep tauhid dan implikasinya dalam pendidikan keluarga. Sumber primer yang dirujuk adalah buku yag berjudul “Al Tawhid: Its Implications for Thought and Life.” Ditulis oleh Ismail Raji Al-Faruqi, dan diterbitkan oleh The Internasional Institue of Islamic Thought dengan cetakan ke-1 di Virginia USA, pada tahun 1982 dan diterjemahkan oleh Rahmani Astuti, tahun 1988. Ada beberapa alasan penulis tertarik untuk meneliti pemikiran tokoh ini, pertama : Al-Faruqi berpandangan bahwa tauhid adalah merupakan prinsip utama Islam dan prinsip dari segala hal yang berhubungan dengannya, perlu diaktifkan dan difungsionalisasikan dalam gerak kehidupan manusia, tidak sekedar dipahami secara pasif saja. Kedua : Al-Faruqi adalah sosok tokoh berlatar kehidupan Palestina dan menimba ilmu di Amerika, namun tetap gigih dan istiqomah dalam memperjuangkan Islam dalam kontek Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Ketiga : Al- Faruqi menyiapkan rencana aksi dalam mengaktualisasikan nilai-nilai tauhid, yang diawali dari media pertama yaitu keluarga. Jenis penelitian yang digunakan dalam disertasi ini adalah jenis penelian library research (studi kepustakaan) dengan obyek utamanya buku “Al Tawhid: Its Implications for Thought and Life”, serta sumber lain yang berkaitan dengan obyek yang diteliti, dengan menggunakan pendekatan historis filosofis. Teknik yang digunakan dalam disertasi ini adalah melalui dokumentasi terhadap buku-buku dan referensi lain yang menjadi sumber primer dan sekunder. Analisis data disertasi ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi dan analisis konsep yang mencakup tiga kegiatan, yaitu : reduksi data, display data, dan verifikasi. Untuk interpretasi dan pemaknaan data penelitian ini dilakukan dengan metode eklektif inkorporatif dengan proes menelaah dan menyeleksi data, fakta dan logika secara kritis dengan kerangka teori yang telah dibangun. Temuan dalam disertasi ini adalah sebagai berikut : 1) Konsep tauhid menurut Ismail Raji Al-Faruqi didasarkan kepada prinsip Kesatuan Keesaan Allah, Kesatuan Alam Semesta, Kesatuan Kebenaran dan Pengetahuan, Kesatuan Hidup dan Kesatuan Umat Manusia. Paradigma tauhid yang ditawarkan oleh al-Faruqi dengan manusia sebagai titik pusatnya melahirkan model pemahaman yang fungsional dan berdaya guna bagi kehidupan manusia. Konsep ini mampu menggerakkan manusia untuk menciptakan kehidupan dunianya dengan sebaik-baiknya, yaitu manusia yang memaksimalkan fungsi kekhalifahannya dan mampu menciptakan kesejahteraan hidup di dunia dan akherat. 2) Keluarga adalah media terpenting dalam menentukan ketenangan dan kebahaguiaan hidup manusia, dan menjadi salah satu tanda kekuasaan-Nya. 3) Implikasi tauhid dalam pendidikan keluarga tercermin dari aktifitas orangtua yang berlandaskan tauhid, beserta segenap anggota keluarganya. Kata Kunci : Konsep Tauhid, Ismail Raji Al-Faruqi, Pendidikan Keluarga, Implikasi.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:57
Last Modified: 03 Jul 2023 02:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72267

Actions (login required)

View Item View Item