Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SIFAT ORGANOLEPTIK ES KRIM SUSU SAPI DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.) PADA KONSENTRASI BERBEDA

LAVIVA KEMALA SARI, - (2023) SIFAT ORGANOLEPTIK ES KRIM SUSU SAPI DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.) PADA KONSENTRASI BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LAVIVA KEMALA SARI LENGKAP ( Kecuali BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Susu sapi merupakan bahan pangan hasil ternak yang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan, salah satunya ialah es krim. Salah satu bahan pewarna alami yang digunakan dalam pembuatan es krim adalah bunga telang. Bunga telang mengandung pigmen antosianin yang dapat digunakan sebagai pewarna alami dalam pembuatan es krim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu hedonik dan tingkat kesukaan es krim susu sapi yang ditambahkan ekstrak bunga telang (Clitoria ternatea L.) sampai dengan konsentrasi 12% dinilai dari warna, rasa, aroma dan tekstur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini adalah ekstrak bunga telang yaitu P0 = ekstrak bunga telang 0%, P1 = ekstrak bunga telang 4%, P2 = ekstrak bunga telang 8% dan P3 = ekstrak bunga telang 12%. Parameter yang diamati yaitu uji hedonik dan mutu hedonik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hedonik es krim sapi dengan penambahan ekstrak bunga telang sampai konsentrasi sampai 12% berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap rasa es krim dan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap warna, aroma dan tekstur es krim dan hasil penelitian mutu hedonik es krim susu sapi dengan penambahan ekstrak bunga telang sampai konsentrasi 12% tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap tekstur es krim dan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap warna, rasa, dan aroma es krim. Kesimpulan penelitian ini adalah penambahan ekstrak bunga telang sampai dengan konsentrasi 12% dapat meningkatkan mutu hedonik dan tingkat kesukaan pada es krim. Perlakuan terbaik yaitu terdapat pada P1 (penambahan ekstrak bunga telang 4%) karena menghasilkan mutu hedonik dan tingkat kesukaan konsumen yang tinggi ditinjau dari warna, aroma, rasa dan tekstur. Kata kunci : Susu sapi, es krim, ekstrak bunga telang, uji hedonik dan mutu hedonik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:58
Last Modified: 03 Jul 2023 01:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72260

Actions (login required)

View Item View Item